Berawal Dari Kemauan, Pak Basiri Kini Bisa Menghasilkan Omset Belasan Juta Perbulan

""

Sumber Gambar: www.portalsurabaya.com 

PortalArjuna.Net-Malang, Banyak masyarakat yang mengeluh bahkan menyerah akan ekonomi yang sulit akibat dampak Covid-19. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi Pak Basiri, warga Desa Kanigoro Kecamatan Pagelaran Malang.

Covid-19 tidak menjadi halangan bagi Pak Basiri untuk berinovasi dan berkeatifitas, selama masa pandemi ia berhasil bertahan hidup dengan usaha baru nya yakni budidaya ikan lele dan padi hydroponik. Padi hydroponik yang di budidaya oleh Pak Basiri sebenarnya sama saja dengan padi biasanya, akan tetapi berbeda dicara pengembangannya saja.

Sekiaranya ada sekitar 15 unit instalasi paralon dan kolam lele yang di miliki oleh Pak Basiri, sedangkan masing-masing kolam berisi kurang lebih 20 ribu ekor ikan lele.

“airnya saya alirkan melalui paralon yang kemudian dipompa dari kolam lele, maka satu klam tersebut bisa menghidupi pagi hydroponik sekaligus lele” ujar Pak Basiri.

Dalam setiap masa panennya Pak Basiri dapat menghasilkan 400kg beras. Lama panen padi hydroponik tersebut sekitar 3-4 bulan sedangkan lele setiap 2 minggu sekali sudah bisa di panen. Menurut beliau budidaya seperti ini juga memiliki resiko yang cukup besar yakni, panen bisa saja gagal Ketika ada cuaca buruk dan wabah penyakit yang berasal dari ikan lele tersebut. Maka dari itu Pak basiri selalu memberikan obat antibioti selama 2 hari.

“tinggal kemauan dari diri kita sendiri. Caranya sangat mudah, kita tinggal siapkan instalasi paralon untuk padi, kemudian di aliri oleh air dari kolam lele menggunakan pompa aquarium. Kolamnya tidak perlu di kuras setiap hari. Sebab kotoran yang ada di kolam lele akan mengalir pada padi dengan sendirinya” jelasnya.

(NFS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.