BUMDES Semare Wujudkan Citra Baik Untuk Desa Semare

""

PortalAjuna.net – Pasuruan, Desa semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan ini identik dengan Image “Desa Tawuran”. Seiring berjalannya waktu Desa Semare berubah Image dikarenakan kepedulian masyarakat sekitar dan pemerintah desa setempat menyadarkan masyarakatnya akan adanya wisata yang cantik di daerah mereka.

Caffe Laut Semare (CLS) adalah salah satu kegiatan yang di inisiasi oleh BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang dibantu juga oleh masyarakat sekitar untuk memajukan Desa Semare, selain menjadikan citra Desa Semare menjadi lebih baik, di sisi lain juga menjadi penghasilan masyarakat yang ikut andil dalam mengelola CLS ini.

“Cafe Laut Semare dikelola oleh BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) melalui unit usaha yakni Pokdarwis,” kata M. Samian selaku Direktur BUMDES, Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Selain dibangun atas inisiatif pemuda desa, dan ditopang oleh dana CSR dari HCML (Husky-CNOCC Madura Limate). Tempat ini juga dikembangkan melalui Dana Desa Semare.

Pengunjung tempat wisata ini tidak dibebani dengan tiket masuk area wisata ini, hanya dibebani biaya parkir untuk motor.

“Kedepan, kami akan menambah area wisata ini dengan kebun Labu, yang saat ini dalam tahap pembangunan. Dan beberapa spot foto di area bibir pantai,” imbuh Samian.

 

(IA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.