Bumi Perkemahan Cod Tegal Klopo Mengobati Rasa Rindu Bagi Pendaki

""

PortalArjuna.Net-Pacet, BumiPerkemahan Cod Tegal Klopo ini mampu mengobati rasa rindu pendaki yang gagal muncak dikarenakan gunung-gunung di Indonesia masih ditutup guna memutus rantai penyebaran covid-19, bumi perkemahan ini namanya memang cukup unik, Cod Tegal Klopo. Cod singkatan dari Camping, Outbond, dan Dolanan (Bermain). Sementara nama Tegal Klopo diambil karena dulunya sebelum dijadikan sebagai bumi perkemahan, lahan ini adalah sebuah tegalan atau sawah yang ditumbuhi banyak pohon kelapa.

Bumi perkemahan ini berada di perbatasan Batu, Malang, lebih tepatnya berada di ujung selatan Desa Pacet yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jaraknya sekitar 35 km dari pusat Kota Mojokerto atau sekitar 80 km dari pusat Kota Surabaya.

Dibalik namanya yang unik, bumi perkemahan Tegal Klopo akan memberikan suasana yang tenang dan damai, ditambah dengan udara sejuk khas pegunungan. Hal itu tidak lepas dari lokasinya yang berada di ketinggian 850 mdpl, persis di lereng Gunung Welirang yang menjulang setinggi 3.156 mdpl. Dengan suasananya yang menyejukkan, Tegal Klopo mulai menjadi target utama para pecinta alam di Mojokerto yang ingin berkemah, terlebih camping ground di sana juga cukup luas dan bisa menampung lebih dari 20 tenda.

Berkemah di Cod Tegal Klopo akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, terlebih dengan pemandangan Gunung Welirang yang terlihat nampak gagah dan begitu dekat. Selain itu, di lokasi tersebut pengunjung juga bisa melihat Gunung Penanggungan dari kejauhan dan gemerlap lampu kota yang bersinar di malam hari.

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, pengelola Tegal Klopo juga membangun beberapa spot foto yang instagramable, mulai dari yang berbentuk sebuah anjungan, rumah segitiga dari bambu, hingga sebuah gapura. Spot foto tersebut juga memiliki latar belakang yang berbeda-beda, ada yang berlatarbelakang Gunung Welirang dan ada juga yang berlatar belakang perkampungan penduduk dengan dikelilingi bukit, pengunjung juga bisa berjalan menyusuri hulu Sungai Kromong, yang biasanya dijadikan sebagai titik start Obech Rafting Pacet. Sungai ini pun masih sangat jernih, karena bersumber langsung dari mata air pegunungan, dan terdapat pula bongkahan batu-batu besar yang terletak berserakan di sepanjang sungai.

Akses perjalanan menuju Bumi Perkemahan Cod Tegal Klopo Tidak ada kendaraan umum menuju ke Cod Tegal Klopo, sehingga satu-satunya cara menuju ke sana adalah dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dari Kota Mojokerto, perjalanan Anda akan dimulai menuju ke Jalan Gajah Mada, kemudian lanjutkan menuju ke Jl. Jayanegara, Jl. Gempol – Mojokerto, Jl. Raya Pacing, Jl. Letjend. Suprapto, dan Jl. Raya Gondang – Pacet, kemudian teruskan menuju ke Jl. Cangar – Pacet/Jl. Pacet di Sumberam hingga akhirnya sampai di cod Tegal Klopo. Apabila datang dari luar kota, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk menuju ke lokasi. Dari lokasi parkir kendaraan, Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa meter untuk sampai di Cod Tegal Klopo.

Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang, dengan tambahan Rp5 ribu untuk parkir motor dan Rp10 ribu untuk mobil. Namun, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk mendirikan tenda. Sementara untuk Anda yang tidak menginap, hanya akan dikenakan biaya masuk harian sebesar Rp5 ribu per orang.

Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap dan sudah memenuhi protokol kesehatan, karena di sana telah dibangun beberapa toilet yang cukup bersih. Akses menuju ke jalan raya juga cukup dekat, karena memang Cod Tegal Klopo bukanlah sebuah bumi perkemahan yang terletak di dalam hutan. Hal ini dibenarkan oleh mas ilham selaku penjaga tiket masuk “pengunjung akan disajikan tempat yang indah juga bebas dari hewan buas karena tempat ini masih tergolong pemukiman warga” ujarnya (11/01)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.