Caffe Laut Semare, Berdayakan Warga Setempat Mulai Parkir Hingga Karyawan Kafe

""

PortalArjuna.net – Pasuruan, Caffe Laut Semare (CLS) merupakan salah satu objek wisata kuliner yang berada di wilayah Desa Semare, Pasuruan Jawa Timur. Caffe Laut Semare ini merupakan salah satu program yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata  (POKDARWIS) agar dapat mengembangkan potensi yang ada di sekitar.

Warga yang berada di Desa Semare, sebagian menggantungkan hidupnya dari Cafe Laut Semare. Total ada sekitar 50 warga yang dilibatkan. Mulai dari penjaga parkir, petugas kebersihan, penjaga pintu masuk, hingga karyawan kafe.

“Kalau seperti saya petugas kebersihan, digaji Rp 400 ribu tiap bulan,” ujar Busro.

Bagi Busro, penghasilan tersebut sudah cukup untuk kebutuhan dapur. Apalagi, pekerjaan sebagai petugas kebersihan hanya sampingan. “Saya pagi kesini bersih-bersih, jam 09.00 WIB begitu kafe buka, saya pulang,” imbuhnya

Honor warga disesuaikan dengan beban kerja. Bagi petugas karcis, honornya bisa sampai Rp 1 juta. Bahkan mereka yang bertugas di kafe gajinya bisa sampai Rp 1,2 juta. Busro menambahkan, karyawan di tempat tersebut digilir secara bergantian. Lima dusun di Desa Semare semuanya kebagian.

Di antaranya, Dusun Sependil, Dusun Krajan, Dusun Semare, Dusun Kedondong, dan Dusun Pagaran.

“Pekan ini yang bertugas Dusun Semare. Pekan depannya lagi dusun lainnya, jadi merata,” jelasnya.

 

(IA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.