Caffe Laut Semare, Wisata Cantik nan Elok di Wilayah Pasuruan

""

Gambar : Pemandangan Laut Semare

PortalAjuna.net-Pasuruan, Caffe laut semare adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, yang berada di atas laut dan dikelilingi pohon hutan Mangrove. Selain destinasi cantik untuk dijadikan tempat berswafoto, wisata Caffe laut semare juga menjadi tempat santai dan kongkow yang asik karena menjajakan makanan dan minuman yang nikmat dan harga yang ramah dikantong.

Wisata Caffe laut semare juga merupakan wilayah yang dikelola hampir seluruh masyarakat sekitar dan cukup mendongkrak ekonomi masyarakat. Dari pengelola hingga karyawan di tempat ini berasal dari masyarakat wilayah pasuruan.

Menurut Hamim selaku pengelola caffe laut, tujuan di bentuknya tempat ini oleh warga pertama untuk meningkatkan perekonomian desa. Kedua, mengurangi angka pengangguran dan terakhir, memanfaatkan potensi laut Desa Semare. “Ada enam lapak yang berjualan di kafe ini, lima lapak masing-masing adalah perwakilan dari lima dusun dan satu lapak dibangun pemerintah desa dan khusus menjual minuman,” jelasnya.

Selama masa pandemi COVID-19, wisata ini cukup mengalami penurunan jumlah pengunjung, karena masih banyaknya masyarakat yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini sering kali merasa takut. Padahal, tempat wisata Caffe laut semare ini sudah cukup ketat penjagaan dan protokol kesehatan, agar para pengunjung nyaman untuk menikmati eloknya Caffe laut semare dan juga menikmati makanan dan minuman langsung dari atas laut yang dikelilingi pohon mangrove.

 

(IA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.