Cerita Mistis Terbentuknya Wisata Coban Gua Jalmo

""

PortalArjuna.net – Pasuruan, Coban Gua Jalmo adalah sebuah goa yang terletak di Kabupaten Pasuruan mempunyai mitos yang berkembang di masyarakat. Yaitu seekor ular berkepala manusia yang bertapa di dalam gua jalmo tersebut.

Menurut Suliswanto selaku Ketua POKDARWIS, Gua Jalmo adalah peninggalah turun temurun dari nenek moyang di Desa Cendono ini, terutama untuk persembunyian untuk para pejuang kita dimasa penjajahan.

Gua ini mengandung mistik yang luar biasa yaitu didalam goa ini terdapat ular berkepala manusia. namun, ular ini tak bisa dilihat oleh manusia yang biasa, dan hanya bisa dilihat oleh orang yang mendapat kehendak untuk melihatnya.

Menurut mitos ularnya cukup besar dan berkepala manusia. Oleh sebab itu, ular ini disebut ular yang menjelma. sehingga itulah yang membuat orang-orang terdahulu menamainya Goa Jalmo atau dari kata ‘menjelma’ yaitu ular yang menjelma.

Goa Jalmo berlokasi di bawah lahan pertanian rumput gajah dan di sekelilingnya terdapat pepohonan dengan banyak akar dan memiliki Curug (Air Terjun) sekaligus gua. Tepatnya, berada di tepi bebatuan.

Karena unik, tempat ini lantas banyak dikunjungi orang. Dan selama tiga tahun terakhir, tempat itu makin banyak dikunjungi wisatawan.

“Lokasi ini jadi tempat wisata di desa kami sudah berjalan tiga tahun terakhir. Pengelolanya Pokdarwis, juga para pemuda yang tergabung dalam karang taruna,” jelasnya pak Suliswanto.

Untuk guanya sendiri, memiliki ukuran Panjang dan lebar kurang lebih 2 meter dan memiliki tinggi 1,5 meter.

Saat masuk ke dalam Goa Jalmo memiliki jalur tembusan menuju ke Curug dengan panjang lubang sekitar 4 meter. Sedangkan tinggi dan lebarnya masing-masing hanya satu meter.

“Dinding gua sekelilingnya berupa bebatuan, pada permukaan atasnya terdapat rembesan air. Untuk masuk ke dalam, aman,” terang Doni, anggota POKDARWIS sekaligus pemuda asal desa setempat.

 

(NMDF)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.