Dam Pleret, Wisata Air Hasil Olahan Pemuda Karang Taruna

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Para pemuda Karang Taruna beserta warga Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, terus berusaha menyuguhkan wahana baru di wisata air Dam Pleret. Salah satunya adalah dengan mengubah Dam Pleret menjadi objek wisata air.

Menurut penuturan Bashori (27), salah satu warga yang ikut serta mengembangkan wisata air Dam Pleret sendiri sudah dibangun sejak tiga tahun lalu namun masih belum bisa menarik perhatian masyarakat.

“saat ini kami masih terus berupaya untuk mengembangkan wisata ini, salah satunya dengan membuka café dan petik labu madu” pungkas Bashori

Wisata Dam Pleret ini memiliki beberapa bagian antara lain aliran di sisi selatan dam yang dijadikan tempat berenang bagi orang dewasa. Selain itu, di tempat ini bakal disediakan sepeda air bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan.

Lalu, aliran di sisi utara dapat dimanfaatkan sebagai tempat pancing. Kebetulan, masyarakat dapat menemukan sejumlah ikan seperti nila maupun wader. Sementara, di sisi barat dam dapat dimanfaatkan tempat berenang bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.

Untuk wisata edukasi, pengunjung dapat menikmati lahan persawahan, perkebunan, dan peternakan milik warga yang terletak di sisi barat dam. Agar menarik pengunjung, di dekat dam bakal tersedia warung dan tempat peristirahatan. Pegawai Dinas Pengairan Provinsi Muhammad Toha menjelaskan, Dam Pleret dibangun pada 1904. Dam ini berfungsi bagi saluran irigasi Kota dan Kabupaten Pasuruan. Saat musim hujan, saluran sekunder ditutup untuk menghindari lahan pertanian terdampak.

“Ini, dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Kalau Kota Pasuruan yang masih memanfaatkan irigasi dari sini adalah Kecamatan Gadingrejo,” jelasnya.

 

(SNF)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.