Dukungan Pemerintah Desa dalam Pengembangan Fasilitas Wisata Coban Gua Jalmo

""

PortalArjuna.net – Pasuruan, pembangun wisata saat ini berperan penting terhadap perekonomian desa. Tidak heran, jika pemerintahan Desa Cendono mendukung penuh program-program pengembangan fasilitas wisata. Pada awal pembanguanan pemerintahan desa memberikan program pendanaan sebesar 10 juta. Dana tersebut diperuntukan perbaikan akses jalan menuju Wisata Coban Gua Jalmo, Pembuatan Kolam Renang, dan Spot Foto.

Pada tahun 2020, dana yang awalnya untuk pengembangan fasilitas harus dianggarkan pada wabah virus covid-19. Sehingga pengembangan fasilitas tertunda, pada tahun 2021 awal pemerintahan desa memberikan pendanaan pengaliran listrik ke tempat wisata.

“Pengembangan fasilitas di Wisata Gua Jalmo ini mengalami penundaan dikarenakan dana desa diperuntukan pandemi covid-19. Pada tahun 2021 kami sudah menyiapkan anggran dana untuk pengembangan listrik, kolam renang anak-anak, stan makanan serta aula digunakan untuk rapat dan Sanggar Tari Laro,” ujar bapak Sanari selaku Kepala Desa Cendono.

Wisata Coban Gua Jalmo bekerjasama dengan BUMDES melakukan pengelolahan sampah dan mendaur ulang sampah untuk dijual. Wisata Coban Gua Jalmo memenangkan 2 penghargaan dalam ajang Kontes Wisata Daur Ulang yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Kami pernah memenangkan kontes video Wisata Daur Ulang yang diadakan oleh Pemerintahan Kabupaten Pasuruan dengan memenangkan 2 penghargaan. Video diambil hanya menggunakan sebuah handphone namun kami dapat memenangkan penghargaan ini merupakan sebuah pencapaian yang besar,” ujar bapak Suliswanto.

 

(WS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.