Intesitas Hujan Semakin Tinggi, BPBD Kabupaten Pasuruan Menghimbau Warga Tak Beraktifitas Di Dekat Sungai

""

Sumber : www.facebook.com/pemkabpasuruan


PortalArjuna.net-Pasuruan, Melihat kondisi lapangan, intesitas hujan di bulan Januari sampai Februari mendatang begitu tinggi, potensi untuk terjadi banjir dan angin puting beliung pun sangat mungkin terjadi.

Di awal tahun ini sudah ada beberapa desa yang terkena imbas akibat intesitas hujan yang tinggi, seperti di Desa Masangan dan Desa Kedungringin yang bisa terendam genangan air mulai dari 30-40 sentimeter. Genangan tersebut mulai terlihat pada Jumat sore (01/01/2021)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di dekat bantaran sungai dan tetap waspada terhadap potensi banjir di tahun 2021 ini.

“BMKG juga sudah memperkirakan cuaca yang terjadi sepanjang Januari sampai Februari. Hujan dengan intesitas ringan sampai tinggi masih terjadi” ujar nya, Jumat (01/01/2021).

Tecto menjelaskan, berkaca pada tahun 2020 lalu sekiranya ada 34 kejadian banjir dan 7 kejadian angin puting beliung di Kabupaten Pasuruan. Untuk itu, beliau menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk selalu mewaspadai perubahan cuaca pada awal tahun ini, terlebih lagi bagi warga yang berkendara pada saat hujan deras.

“Ketika hujan deras kami himbau kalau berteduh jangan dibawah pohon atau tiang listrik, karena di khawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bila berteduh carilah tempat yang kokoh dan ada ruang terbuka” tambah Tecto.

 

(AMS)

 

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.