Jalur Pendakian Arjuno-Welirang Belum Berani Buka Ini Kata Pengelola

""

Gambar: dok. Jawa Pos Radar Bromo

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Kawasan Pendakian Arjuno-Welirang masih ditutup menurut penuturan Kepala UPT Tahura R. Soerdjo Ahmad Wahyudi Awalnya memang pasca tahun baru akan dibuka kembali jalur pendakiannya. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya urung dan penutupan sementara ini diperpanjang sampai batas waktu tidak tertentu ke depan.

Para pendaki kini pun harus besabar sebab UPT Tahura R. Soerdjo belum memberikan kepastian kembali dibukanya jalur pendakian ini karena diperpanjangnya masa penutupan ini.

Penyebab dari penutupan ini adalah dari factor alam, curah hujan yang tinggi serta rawannya longsor menjadi pertimbangan jika akan kembali membuka jalur pendakian ini “sering terjadi badai, sehingga tidak mungkin untuk membiarkan kegiatan pendakian” pungkas Ahmad.

“Ini kami lakukan demi kebaikan bersama. Utamanya keselamatan para pengunjung atau pendaki yang melakukan perjalanan pendakian,” jelasnya.

Penutupan sementara jalur pendakian ini berlaku di semua pos pendakian yang diantaranya berda di di Tretes, Prigen dan Tambakwatu, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Menurut Ahmad Ini juga berlaku di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu. Tidak hanya di Kabupaten Pasuruan. Jika kemudian dirasa aman dan cuacanya tak lagi ekstrem, pasti dibuka kembali jalur pendakiannya.

(SNF)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.