Jatim Catat Ada Tujuh Kawasan yang Termasuk Zona Merah

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Dilansir dari laman infocovid19.jatimprov.go.id, per Rabu (20/10) Terdapat tujuh daerah zona merah di Jawa Timur. Yakni, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Ponorogo, Trenggalek, Madiun, Ngawi, dan Magetan. Dua pekan lalu, kabupaten Ngawi berstatus merah dan berubah oranye. Kini, daerah tersebut kembali menjadi merah.

Sebelumnya formasi penyebaran Covid-19 di Jawa Timur merupakan zona kuning dan tidak ada zona oranye namun per Rabu(20/1) berubah seperti yang sudah dipaparkan diatas.

Kota Batu terindikasi zona kuning, hal tersebut menurut Satgas Covid sebagai pencapaian positif sekaligus tantangan mengingat Kota Batu sebagai tempat tujuan para wisatawan, Juru bicara Satgas Covid-19 Jatim Makhyan Jibril mengapresiasi hal tersebut. Meski demikian, masyarakat diminta tetap waspada. Mengingat tantangan persebaran Covid-19 di Kota Batu masih sangat besar.

“Zona kuning bukan berarti daerah tersebut sudah bebas Covid-19. Sebab, daerah itu sewaktu-waktu bisa kembali menjadi oranye dan berlanjut ke merah. Masyarakat dan pemerintah daerah setempat harus tetap ekstra waspada” Ungkapnya.

Jibril juga menambahkan pencegahan yang sudah berlangsung harus tetap di optimalkan.

Jibril menyatakan, perubahan formasi zona penyebaran Covid-19, belum bisa dipastikan akan berpengaruh pada area penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). ”Kewenangan menentukan area ada di tangan gubernur,” ucap Makhyan Jibril.

Terkait status PPKM, Jibril memilih menunggu keputusan gubernur. Namun, dia melihat PPKM selama hampir dua pekan membawa dampak cukup positif. Salah satunya tingkat hunian bed yang melayani Covid-19 turun. Sebelumnya tingkat hunian bed rata-rata di Jawa Timur hampir mencapai 80 persen. Kini angka tersebut mulai mendekati 75 persen. Itu terjadi karena jumlah pasien sembuh terus meningkat.

 

(SNF)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.