Kampung Pancar Air, Wisata Cocok Bagi Para Pelajar

""

Gambar : Upacara hari jadi pramuka ke 58

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Salah satu warga Pasuruan dapat memanfaatkan potensi alam yang berada lereng gunung dan dekat sungai, diwujudkan bentuk usaha bersama dengan membuka potensi Wisata Edukasi dan Konservasi Alam yaitu Kampung Pancar Air Si Hijau atau Yayasan Sanggar Indonesia Hijau yang ada di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, tepatnya di lereng Gunung Sempu. Usaha wisata ini melibatkan Karang Taruna setempat.

Pengelola tempat wisata ini Sugiarto, yang juga menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan. Menurutnya konsep wisata yang ditawarkan adalah wisata edukasi yang menawarkan konsep pendidikan tentang alam mulai konservasi air, hutan dan lingkungan sekitar. “Lokasinya cukup mendukung untuk wisata alam, karena berada di alam pedesaan dan perbukitan yang di kelilingi sungai,” tuturnya,

Wisata edukasi tersebut diperuntukkan bagi kalangan pelajar yang inginkan untuk mempelajari alam lebih mendalam tentang potensi alam yang bermanfaat bagi masyarakat. “Wisata edukasi ini memang diperuntukkan bagi kalangan pelajar dan umum. Dengan adanya wisata edukasi ini diharapkan bisa dimanfaatkan. Karena kenalkan alam yang sesungguhnya,” terangnya.

Untuk menuju ke lokasi hanya sekitar 3,5 kilometer dari Jalan Raya Purwodadi jalur Surabaya – Malang masuk ke kiri menuju pertigaan Nongkojajar. Begitu ada jembatan panjang belok kanan kurang lebih 2,5 km menuju Si Hijau. Yang berada di sebuah kampung dengan warga yang sangat ramah.

Sugiarto menjelaskan wisata edukasi ini memiliki keunggulan menawarkan wisata yang memberikan pengertian tentang manfaat alam untuk kehidupan. Seperti jelajah sumber mata air, penanaman pohon, pembudiyaan taman dengan cara cangkok dan stek. Guna untuk mempercepat tutupan kanopi hijau. Karena lingkungan sangat nyaman pengunjung bisa berwisata di sungai dan kolam air.

Selain itu, water tubing dan outbound merupakan kelengkapan pada wisata alam ini. Yang bertempat di Sungai Welang yang berada di pinggir kolam renang. Seperti pada lumrahnya, setiap wisata pasti juga dapat menunjang ekonomi warga yang berada disekitarnya.

Wisata Edukasi Pancar Air ini, tidak membudget pengunjung dengan harga yang mahal. Tentu sangat ramah dikantong. Hanya sebesar Rp. 5.000 usia anak-anak dan Rp. 10.000 usia dewasa sebagai uang jasa lingkungan. Sudah bebas untuk masuk kawasan kolam renang. Dan jasa parkir Rp. 3.000 untuk motor, Rp. 5.000 untuk mobil.

Saking indahnya Kampung Pancar Air Si Hijau ini, sehingga mulai dari Pendidikan Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMA hingga suatu organisasi masyarakat sering bahkan merupakan tempat yang cocok untuk mlaksanakan suatu kegiatan tertentu. “Pengunjungnya lebih banyak anak pelajar sesuai dengan target pengelola, karena menanamkan sikap cinta lingkungan hidup,” pungkasnya.

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.