Memanjakan Mata, Sunset di Pantai Karang Hitam Lekok

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Pesona Pantai Karang Hitam Lekok memang tiada duanya, sembari menikmati sunset anda juga sekalian berfoto-foto. Wisata Pantai Karang Hitam Lekok memang menjadi hangat dibincangakan akhir-akhir ini. Selain indah wisata ini juga ramah kantong tiket masuknya hanya Rp.2000.

Pantai yang terletak di kawasan Semedusari Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan tersebut memiliki keindahan pemandangan alam terutama saat matahari terbit (sunrise) dan tenggelam (sunset). Pantai yang dekat dengan PLTU Grati ini belum banyak juga dikenal masyarakat, namun banyak juga Fotografer yang mengambil lokasi ini untuk dijadikan hunting dan foto pre-wed.

Meski berada di Kecamatan Lekok, namun pintu masuk ke kawasan wisata ini justru lebih dekat dan mudah dari pintu keluar tol Grati. Dari tol melaju saja ke Jalan Nasional. Lalu silahkan anda belok ke Pintu Gerbang Puslatpur Marinir Grati. Pintu itu sekaligus menjadi pintu masuk ke PT. Indonesia Power UP Grati. Memang pantai itu berada disamping Pusat Listrik Tenaga Gas & Uap (PLTGU)  Indonesia Power.

Dari pintu masuk, anda akan menyusuri jalan beraspal sekitar lima kilometer. Jangan khawatir, jalurnya mulus, semulus pipi bayi baru lahir. Double track. Namun anda harus sopan, sebab jalan ini adalah kawasan militer. Sekitar tiga kilometer, kendaraan anda akan melewati Puslatpur Marinir Grati. Nampak dua meriam yang dipajang di bibir jalan.

Nah, begitu laju kendaraan anda melewati Puslatpur. Silahkan lurus hingga jalur yang naik sekitar 45 derajat. Di sini anda sudah berhasil melewati sabana dan akan menemukan perempatan. Jika lurus anda ke Indonesia Power, belok kanan anda ke Desa Alas Tlogo. Maka pilihan anda adalah belok kiri untuk ke pantai.

Anda masih berada area sabana dan melewati sejumlah pemukiman.Ikuti terus jalur ini hingga aspal habis. Di ujung aspal, sudah nampak pantai memanjang. Berarti sedikit lagi anda sudah tiba. Tinggal melewati jalur offroad sekitar satu kilometer. Lajukan kendaraan anda pelan saja, supaya debu tidak menganggu pengguna kendaraan bermotor di belakang anda.

Selain itu anda bisa menikmati tempat hiburan anak-anak, ferris wheel dan banyak lagi. Serta deretan warung makan dan minuman yang ditata apik. Setelah melewati loket, hamparan karang hitam sudah di depan anda. Sejauh mata memandang adalah lautan.

Selain menaiki mobil dan sepeda motor, pengunjung juga kerap datang dengan bersepeda. Gowes di kawasan sabana dan pantai tersebut memang asyik dan menyenangkan. Bersepeda bisa menyusuri desa-desa nelayan di kawasan Kecamatan Lekok. Bisa menembus ke hutan bakau di sisi barat kecamatan hingga ke Kota Pasuruan.

 

(SNF)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.