Mungil dan Penuh Pesona, Gunung Pundak Jadi Favorit Para Pendaki Pemula

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Jawa Timur yang memiliki sejuta pesona dan pemandangan alam yang menakjubkan yang kebanyakan masih belum terekspos sehingga banyak orang yang belum mengetahui akan keberadaannya tempat tempat indah tersebut.

Mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, air terjun yang memanjakan mata sampai bukit dan gunung nan indah pun tersedia disana dan patut kalian explore. Salah satunya yakni Gunung Pundak.

Gunung Pundak ini terletak di daerah Mojokerto tepatnya di Desa Claket, Kecamatan Pacet. Memiliki ketinggian 1.585 mdpl, angka ketinggian yang cukup bersahabat bagi para pendaki pemula.

Dengan ketinggian tersebut, cukup ideal bagi para pendaki pemula ataupun mereka yang sekedar ingin meraskan trekking pendek, selain itu juga cocok bagi para mereka yang ingin berpiknik dan merasakan sensasi ketenangan dengan bermalam di tengah hutan.

Selain ketinggian yang reatif cukup rendah, jalur pendakian pun tidak terlalu sulit dan banyak penunjuk jalan yang terpasang di jalur pendakian serta sumber air pun cukup melimpah. Hal ini menjadikan Gunung Pundak mendapatkan julukan gunung favorit para pendaki.

Untuk mencapai puncak Gunung Pundak ini, ada dua jalur pendakian yang dapat dilalui, yaitu via Puthuk Siwur dan via Tahura. Kebanyakan memilih via Puthuk Siwur karena lebih landai dan viewnya yang indah. Estimasi waktu perjalanan juga tidak begitu lama yakni sekitar 2 jam dengan melalui 3 pos pendakian.

Biaya pendakian yang dikenakan sebesar Rp. 10 ribu per orang dan biaya parkir Rp. 5 ribu bagi roda dua dan untuk mobil Rp. 10 ribu. Selain tempat parkir yang memadai, terdapat fasilitas yang terbilang cukup lengkap di basecamp awal ini. Seperti musholla, warung makan milik warga serta kamar mandi.

Untuk mencapai pos satu membutuhkan waktu sekitar 30 menit, disini pendaki akan disuguhkan pemandangan serta spot foto menarik. Dari pos 1 menuju pos 2 waktu yang dibutuhkan hampir sama tetapi agak menanjak. Pos 2 menuju pos 3, jalurpun semakin menantang dan lama waktu bisa mencapai satu jam.

Dataran landai bisa dirasakan saat mendekati puncak. Kelelahan selama perjalanan akan terbayar dengan disuguhi pemandangan hamparan gunung Welirang serta Penanggungan disertai angin semilir yang terasa sejuk. Selain itu kita dapat menyaksikan sunset nan indah. Pengalaman seperti ini akan terasa sangat berkesan bagi para pecinta alam dan merupakan tempat yang tepat untuk melepas penat.

 

(LY)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.