Objek Wisata, Pantai Blandongan Pasuruan

""

Gambar: Photo credit @kemath_id Instagram

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Objek wisata pantai blandongan banyak tarik minat para pengunjung yang datang, merupakan pemandangan alam yang eksotis, buka setiap hari, beralokasi di keluarahan Blandongan, Bugulkidul, Pasuruan. (20/01/2021)

Pantai blandongan memiliki potensi wisata yang cukup lengkap, ditunjang dengan letak geografis yang sangat strategis, dan tempatnya mudah di jangkau.

Merupakan salah satu kawasan lindung di bagian utara Kota Pasuruan, yang punya hutan mangrove, selain Pantai Kelurahan Mandaranrejo, Pantai Kelurahan Panggungrejo, Pantai Kelurahan Tambaan, dan Pantai Kelurahan Ngemplakrejo.

Para pengunjung bisa berjalan-jalan di tepian pantai, berenang, berfoto-foto, dan duduk santai dengan menikmati panorama matahari tenggelam.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam saja, pantai blandongan juga menyediakan fasilitas seperti perahu atau kapal yang digunakan untuk berkeliling menikmati suasana di pantai tersebut.

Selain menikmati suasana pantai blandongan, mereka mengenakan biaya harga tiket masuk yang terjangkau, cuma Rp5.000 per orang. Namun, tiket tersebut belum termasuk tarif parkir jika membawa kendaraan bermotor serta biaya untuk menyewa kapal nelayan. Yang perlu diingat, jika berkesempatan berkunjung, tetap untuk menjaga kebersihan area pantai. Dan juga tetap mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan informasi, kawasan perairan di Kelurahan Blandongan telah digunakan sebagai budidaya perikanan. Dan mata pencahariaan warga sekitar, Menurut data Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Pemerintah Kota Pasuruan, dengan luas sekitar 16,83 hektar, penangkapan ikan laut di kawasan ini diklaim bisa mencapai angka 1.619 ton per tahun. Sementara, potensi budidaya ikan air payau atau tambak mencapai angka 730 ton per tahun di area seluas 502,39 hektar.

Suasana udara pantai blandongan yang telah menyuguhkan fasilitas lengkap terhadap pengunjung, juga menyediakan fasilitas umum seperti Mushollah, Toilet, Area parkir. Suasana Pantai yang sejuk dan angin sepoi-sepoi, membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati nya.

 

(BMS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.