Peternak Lele Ciptakan Pakan Alternatif

""

(Gambar ternak lele di Arcopodo-Kepulungan, Gempol-Pasuruan)


PortalArjuna.Net-Pasuruan, Harga pakan yang mahal membuat banyak peternak lele melakukan kolaps dalam kondisi  pandemi covid-19 ini. Peternak asal Desa Arcopodo, Kepulungan, Gempol membuat pakan dari tumbuhan. Sabtu(16/01/2021)

Kolam milik pria berusia 40 tahun ini penuh dengan tanaman eceng gondok gondong, dan daun pepaya yang menutupi kolam. Memanfaatkan lahan kosong di samping rumahnya, yang terdapat 4 petak kolam. “Saya memang sengaja meletakkan dedaunan untuk mengetahui kondisi air, dan juga bisa di buat vitamin lele.” Ujar Fauzi.

Sudah 8 tahun berkecimpung di dunia peternak lele, pak Fauzi memperoleh pengalaman dari keluarganya. “Saya meneruskan usaha ternak lele keluarga yang sudah cukup berkembang” Ucapnya

Pengalaman yang resah terjadi pada peternak lainnya banyak merugi karena pengeluaran pakan, dan pemasukan tidak seimbang. Banyak peternak lele yang tidak kuat dan banting setir ke pekerjaan lain, di karenakan kehabisan modal.

Dari masalah inilah, Fauzi mencari alternatif untuk menyelesaikan masalah dari peternak yang hanya pada pakan saja. Melakukan perkumpulan dengan peternak lainnya, dan juga membaca refrensi buku peternak dan pertanian.

Dari sekian banyak uji coba berhasil memanfaatkan pakan yang di buat sendiri, dengan menimbun ikan asin, roti tawar, berbagai jenis olahan sosis, dan juga ayam tiren, yang sudah tidak layak di makan oleh manusia.

Pakan alternatif yang di ciptakan itu untuk menghemat penggunaat pelet (pakan lele). Tanpa pakan buatannya, ribuan ekor lele bisa menghabiskan 4-5 sak pelet sampai panen. Dari situ dia hanya butuh 1-2 sak palet sampai panen. “Sangat hemat” Ujarnya sangat senang Dengan memanfaatkan limbah yang tak digunakan masyarakat merupakan pakan yang cocok untuk para peternak ikan lele di masa pandemi.

 

(DM)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.