Sejukkan Mata, Tarik Wisatawan Ke Mangrove Nguling

""

PortalArjuna.net – Nguling, Sering kali terdengar dimana-mana bahwa  Kecamatan Nguling terkenal akan kuliner rawon, tapi juga memiliki daya tarik wisata wisatan lokal maupun non lokal untuk berlibur ke wisata Hutan Magrove.

Hutan mangruve ini terletak di pasuruan bagian timur, tepatnya di Desa tambak Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Bertepat sebelah pesisir.

Hutan magruve ini sudah kisaran umur 34 tahun lalu dengan ratusan pohon mangruve yang berhasil ditanam dipesisir laut. Kini, total pohon mangruve sudah mencapai lebih dari 1.830.000 pohon hingga kini sudah memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi kawasan wisata pesisir yang menjanjikan wisatawan.

Disisi lain para pengunjun hutan mangruve akan dimanjakan dengan berbagi jenis tumbuhan seperti Rhyzapora Mucronata, Abisina Alba, Rhyzapora Apiculata,  dan Alasina Marina.

Selain itu, kawasan hutan terdapat berbagai jenis spesies hewan yang dapat dilihat, seperti burung kuntul putih, tiram, kerang hijau, kepiting bakau, rajungan, udang putih dan lain sebagainya.

Wisata ini merupakan salah satau wisata yang bisa dibilang low budget, karna para pungunjung tidak dipungut biaya untuk masuknya. Namun para pengunjung diharuskan menjaga kebersihan.

Dari adanya pemanfaatan hutan mangaruve sebagai tempat wisata, perekonomian masyarakat setempat dapat bertambah, para nelayan setempat dapat menjual hasil tangkapnya didepan Mangrove.

 

(Khajaz)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.