Sempat Viral di Media Sosial, Wisata Grojogan Limo di Beji Bisa Jadi Alternatif Liburanmu

""

Sumber Foto : TravelingYuk.com 

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Liburan UAS tidak hanya bisa kamu habiskan dengan rebahan atau sekedar mampir ke café dan tempat-tempat nongkrong. Sesekali kamu bisa eksplor keindahan alam sekitarmu . Salah satunya adalah Wisata Alam Air Terjun Grojogan Limo di Beji ini.Wisata ini dibilang amsih belum ada banyak peminat buat kamu yang menyuakai tempat yang tidak banyak keramaian tampat ini cocok untuk kamu datangi.

Wisata ini terletak di Dusun Krikilan, Desa Ngembe, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Akses untuk ke tempat ini juga dibilang masih sangat minim jadi kamu harus melewati beberapa jalan sempit di daerah persawahan Apabila belum menemukan tanda-tanda air terjun disarankan jangan balik arah, karena lokasinya memang jauh di bawah sungai. Setelah melewati jalur tengah sawah ini pun kalian harus berjalan kaki kurang lebih 150 meter dari area parkir.

Wisata ini menurut Kusaini, Kepala Dusun Krikilan menjelaskan, pemberian nama sungai dengan kata “Grojokan Limo”  tersebut adalah kesepakatan seluruh warga. Nama Grojokan sendiri diambil dari pancuran air yang berasal dari sungai atau disebut grojok, sedangkan limo diambilkan dari jumlah pancuran di sisi selatan sungai yang berjumlah lima.

Diungkapkan Kusaini, sebelum akhirnya viral dan menjadi perbincangan banyak masyarakat, grojokan limo sudah ada sejak tahun 1980. Hanya saja, pada waktu itu masih satu grojokan, hingga lambat laut akibat sering tergerus banjir, maka batu-batuan di atas sungai tersebut pecah dan menghasilkan grojokan yang semakin banyak.

“Barulah sekitar tahun 2015, terbentuk grojokan di sisi selatan dan timur. Yang sebelah selatan membentuk lima grojokan dan sebelah selatan juga lima grojokan,” imbuhnya.

Barulah, keindahan Grojokan Limo itu baru viral dan menyedot perhatian para wisatawan berkat jepretan Yanto, salah satu warga sekitar yang mengupload foto plus video sungai kebanggaan masyarakat Desa Ngembe, beberapa waktu lalu. Kata Kusaini, setiap harinya Grojokan Limo selalu dikunjungi wisatawan, minimal 50-100 orang.

Gimana tertarik untuk mengunjugi wisata ini?

 

(SNF)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.