Unik, Inilah Wisata Alam Gua dan Air Terjun di Satu Lokasi

""

Portalarjuna.net-Pasuruan, Desa cendono, kecamatan purwosari, kabupaten pasuruan. Dimana desa cendono sendiri dikenal sebagai daerah penghasil alpukat dan berbagai hasil bumi. desa cendono memiliki kekayaan alam yang patut di galih potensinya, salah satunya wisata coban gua jalmo. Di kabupaten pasuruan memiliki sejumlah gua dan air terjun untuk dijadikan destinasi wisata.

Wisata coban gua jalmo ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru digalih potensi nya ketika tahun 2018 atas inisiatif para pemuda desa. Dari sekian banyak gua dan air terjun yang ada, destinasi wisata ini cukup unik dikarenakan gua dan air terjun nya berada pada satu lokasi.

“Awal mula adanya wisata di desa kami ini diprakarsai oleh pemuda desa yang ingin memepunyai wisata desa. atas inisiatif itu para warga mencari-mencari potensi desa ini. Setelah di beri beberapa pilihan akhirnya kami memutuskan untuk memilih coban dan gua karena sumber air yang ada dan lokasinya strategis” ujar bapak suliswanto selaku kepala pokdarwis (kelompok sadar wista).

Gua jalmo diketahui dahulunya sebagai tempat bertapa dan warga sendiri sudah mengetahui keberadaabn lokasi itu. Karena keunikannya wisata tersebut dalam 3 tahun sebelum resmi sebagai tempat wisata sudah banyak dikunjungi wisatawan. Air terjun memiliki ketinggian 15 meter untuk gua nya memiliki panjang 2 meter dan tingginya 1,5 meter.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.