Wisata Kuliner Yang Memanfaatkan Potensi Laut

""

PortalAjuna.net – Pasuruan, Cafe Laut Semare (CLS) yang terletak di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang memanfaatkan potensi laut dan memberdayakan potensi masyarakat sekitar dengan mengajak masyarakat sekitar ikut serta dalam pengelolaan Caffe Laut Semare.

Selain menyajikan kuliner makanan laut atau seafood yang memanjakan lidah, disini juga bias menikmati kegiatan masyarakat sekitar yang mayoritas nelayan dan juga dapat menyewa kapal nelayan untuk berkeliling menikmati indahnya laut.

Keberadaan CLS ini merupakan wujud kolaborasi antara perusahaan minyak dan gas (migas), Husky CNOOC Madura Limited (HCML) dengan pemerintah desa serta dukungan masyarakat.

Sebelum ada kafe, di sana hanya ada jembatan kayu ulin yang dibangun HCML sepanjang 100 meter dan lebar 1,5 meter untuk tempat bersandar perahu nelayan pada 2015. Lalu Pada tahun 2018, pemerintah desa pun mulai membangun joglo berukuran 200 meter persegi yang menjorok di atas laut. Sementara jembatan dari kayu ulin tadi yang dibangun HCML menjadi akses masuk menuju joglo tersebut.

Kafe ini, menurut Hamim selaku pengurus, bertujuan tiga hal. “Pertama, meningkatkan perekonomian desa. Kedua, mengurangi angka pengangguran, dan terakhir, memanfaatkan potensi laut Desa Semare,” katanya.

 

(IA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.