Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin, Gelar Pelatihan Aplikasi Autocad

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMM) mengadakan Pelatihan aplikasi Auto CAD yang diselenggarakan pada tanggal 21 Februari 2021 di Gedung NKRI Hall Mett FAI Lantai 2. Pelatihan Aplikasi Auto CAD banyak digunakan untuk pembuatan rancangan alat/mesin.

Ketua panitia Pelatihan Autocad oleh Muhammad Fadila Harianto yang diselenggarakan secara tatap muka yang diawali Briefing, coding prepare bagi yang belum menginstal aplikasi Auto CAD, Sambutan ketua pelaksana dan ketua himpunan dilanjut dengan acara inti dengan pelatihan aplikasi Auto CAD serta penyampaian cindra mata/materi.

Kegiatan ini memberikan materi pelatihan software Auto CAD yang disampaikan oleh Hasbiansyah, S.T. Mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2015 yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 kurang lebih 50 peserta dengan mewajibkan semua untuk membawa laptop namun karena adanya keterbatasan bisa bergabung dengan mahasiswa lainnya. Pelatihan ini bertujuan untuk Untuk memperkenalkan lebih dalam, meningkatkan softskill dalam Menggambar dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang alat/mesin.

“Pelatihan aplikasi Auoto CAD mewajibkan semua untuk membawa laptop namun karena adanya keterbatasan bagi yang tidak punya bisa bergabung dengan mahasiswa lainnya” Ujar Fadila selaku ketua pelaksana.

Perkembangan teknologi saat ini mewajibkan mahasiswa Teknik Mesin menguasai software-software bantuan gambar teknik yang digolongkan sebagai Computer Aided Design (CAD). Sesuai kebijakan kurikulum Program Studi Teknik Mesin UYP salah satu skill dasar (softskill) mahasiswa Teknik Mesin UYP ialah menguasai software Auto CAD. Auto CAD merupakan perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar bentuk baik 2 maupun 3 dimensi dengan pembuatan secara rinci yang dikembangkan oleh Autodesk, keluaran produk Auto CAD. Secara keseluruhan adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. Aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh Mahasiswa Teknik Mesin tapi juga Teknik Sipil, Teknik Arsistek ataupun Desainer Interior bahkan bidang lainnya.

“Aplikasi Auto CAD yang bisa dibilang untuk menggambar dengan pembuatan secara rinci yang bisa dibuat untuk memperkecil ukuran, panjang ataupun lebar” Ujarnya.
Pelatihan berlangsung secara sukses dan diharapkan akan ada setiap tahunnya.

Mahasiswa Teknik Mesin dalam acara pelatihan software/aplikasi Autocad juga mengharapkan output kegiatan ini selain terlaksananya program kerja Himpunan tetapi diharapkan mempunyai kebermanfaatan yang pasti sangat dibutuhkan di PKM yang berjalan saat ini bahkan juga skripsi.

“Pelatihan ini sangat penting selain untuk memperdalam software Auto Cad juga bisa menjadi Bahan PKM saat ini bahkan skripsi yang akan datang” pungkasnya.

 

(Silviya)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.