Harga Cabai Melonjak, Pembeli Hanya Bisa Pasrah

""

Gambar : http://antara/mohammadyudha


PortalArjuna.Net-Pasuruan, Musim hujan menjadi musim yang sangat menghawatirkan bagi petani cabai. Pasalnya saat hujan banyak sekali cabai yang membusuk, akibatnya stok untuk dijual kepasar lebih sedikit. Hal ini menyebabkan stok cabai yang datang tidak menentu dan menyebabkan produksi semakin menurun.

Seperti yang terjadi di pasar Kebonagung Pasuruan, harga cabai hari ini mencapai Rp. 130.000/kg, sedangkan untuk harga daging dibawahnya yakni Rp.110.000,-. Banyak warga berkeluh kesah tentang naiknya harga cabai yang sangat drastis.

Kenaikan ini terjadi sejak 2 minggu yang lalu. Salah satu pedagang di pasar Kebonagung mengungkapkan bahwa harga awal cabai adalah Rp. 60.000 akan tetapi sekarang naik menjadi Rp.120.000 dan stok pemasokan juga dikurangi.

Edy Trisulo Yudo selaku Kabid perdagangan Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa masih koordinasi dengan provinsi dan pihaknya akan terus melakukan monitoring dan laporan terkait di lapangan, hal itu dilakukan karena termasuk kewenangan dari pemerintah Provinsi Jawa Timur, seperti yang dikutip dari wartabromo.

Harga pada setiap pasar akan berbeda, akan tetapi hampir menyeluruh naik dalam waktu bersamaan terutama di pasar Kota Pasuruan. disamping itu juga sama- sama stok dari tengkulak juga kurang dari biasanya.

 

(WM)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.