Temu Nasional ke-XII, Eko Pratama Resmi Nahkodai Korpus BEM Nusantara 2021-2022

""

Gambar : Agenda Temu Nasional ke-XII BEM Nusantara

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Agenda temu nasional ke-XII anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Nusantara selesai digelar di Gedung Bangsal Pancasila Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dengan Terpilihnya secara demokratis setelah melalui musyawarah antara para calon KORPUS dan anggota temu nasional yang ikut serta dalam pemilihan tersebut. Eko Pratama BP Presiden Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) resmi ditetapkan sebagai Koordinator Pusat BEM Se-Nusantara 2021-2022. Jum’at (19/3)

Acara berlangsung selama 5 hari yaitu Pada Tanggal 8-12 Maret 2021 dengan perwakilan Presiden Mahasiswa dari kampusnya masing-masing yang dihadiri kurang lebih dari 300 kampus dari Sabang sampai Merauke.

Hari Pertama, kedatangan peserta dengan dilaksanakan Makrab di Penginapan masing-masing. Hari Kedua pembukaan sekaligus seminar. Selanjutnya, Hari ketiga dan keempat rapat pleno, komisi, sekaligus pemilihan koordinator pusat, nusantara dan daerah. Hari terakhir yaitu penutupan dan pemulangan peserta.

Adapun pada saat proses sidang penetapan calon koordinator pusat terkonfirmasi 6 Calon koordinator pusat yang ikut serta dalam kompetisi bergengsi diantaranya yakni: M. Suhendri asal Riau, Eko Pratama asal Surabaya, Julianda Arisa asal Sumatra Utara, Adi Maliano asal Sultra dan Taufik Sirajjudin asal Jawa Barat.

Temu Nasional BEM Nusantara bertujuan untuk mengangkat isu-isu daerah lewat mahasiswa ke Nasional sekaligus menentukan koordinator daerah, Nusantara, dan Koordinator Pusat. Eko Pratama ditetapkan sebagai koordinator pusat yang memiliki visi misi yang baik juga karena kredibilitasnya yang tinggi dan Juliandi Arisa Sebagai sekretaris Pusat BEM Nusantara yang ditetapkan oleh pimpinan sidang Ahmad Yusuf selaku Presma UNESA.

Eko Pratama setelah ditetapkan sebagai koordinator pusat menyatakan Berkomitmen untuk menyatukan BEM Nusantara dan menjadikan BEM Nusantara sebagai mitra kritis pemerintah dalam mengawal isu-isu daerah maupun isu nasional.

“Kita juga akan lebih banyak fokus pada isu kesenjangan pemuda dan menjadikan BEM Nusantara sebagai patron gerak untuk memperjuangankan keadilan dan demokrasi yang mensejahterakan serta berkomitmen integritas untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik kedepannya” ungkapnya.

Dalam forum sidang temu nasional juga dihadiri oleh Hengki Primana sebagai koordinator pusat BEM Nusantara periode 2019-2020 yang ikut mengapresiasi jalannya temu nasional juga sekaligus mengungkapkan rasa terimakasih atas komitmen BEM Nusantara. Kemudian, acara ini di tutup dengan acara penyerahan tanggung jawab kepengurusan kepada Eko Pratama BP dan M. Juliandi Arisa sebagai nahkoda baru BEM Nusantara periode 2021-2022 secara simbolis.

Bahrul Ulum selaku Presma UYP ikut serta dalam acara ini sebagai salah satu upaya agar BEM Yudharta bergabung dalam BEM se-Nusantara. Ia sangat mendukung karena berjalannya acara ini dapat bersilaturahmi dengan Presiden Mahasiswa se-Nasional. Bahkan, semua bisa berkesempatan untuk menyampaikan dan membawa isu-isu daerah masing-masing ke ranah Nasional, sehingga dapat ditanggapi serius oleh Pemerintah seperti pendidikan di Pasuruan yg masih banyak sekali kesenjangan.

“Hadir dalam Acara Temu Nasional ke XII ini adalah komitmen atau langkah awal agar BEM Yudharta masuk di aliansi BEM Nusantara dan ini adalah salah satu langkah BEM Yudharta mengepakkan sayapnya dikancah Nasional” Tuturnya.

(Silviya)

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.