“Takjil Budaya” Takjil Unik Ala UKM El-Izzah

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Lahirnya sebutan “Takjil Budaya” karena kegiatan tahunan ini bertepatan dengan bulan Ramadhan yang khas dengan berbagai menu takjilan. Acara rutin dari UKM Seni El-Izzah Universitas Yudharta Pasuruan ini berlangsung pada Senin, 03 Mei 2021 pukul 16.00 WIB hingga sekitar pukul 21.00 WIB di Caffe Waku (WarungKu) yang terletak di Dsn. Bejigeneng Desa Sumbersuko Kec. Purwosari Kab. Pasuruan.

Acara ini dihadiri oleh anggota El-Izzah, alumni El-Izzah, dan teman-teman mahasiswa/i Yudharta serta terbuka untuk kalangan umum. Dalam acara itu hadir pula Gus Haidar Hafez selaku pengisi materi. Beliau adalah pengasuh PP Darul Ulum Karangpandan Rejoso Pasuruan. Selain aktif di berbagai organisasi masyarakat, beliau juga sangat menekuni bidang kesenian khususnya sastra, sehingga beliau mendapat julukan “Penyair Pesantren”.

Konsep acara Takjil Budaya kali ini mirip semacam workshop kepenulisan yang berisi materi dan praktik yang dibagi menjadi tiga bagian yakni diawali dengan diskusi proses kreatif, dilanjut dengan praktik kepenulisan dan ditutup dengan tadarus puisi (pembacaan puisi).

Takjil Budaya ini merupakan forum diskusi bagi teman-teman El-Izzah maupun teman-teman dari luar El-Izzah yang mana di dalamnya berisi kajian keilmuan tentang berbagai kesenian.

“Nah kebetulan untuk takjil budaya di tahun ini kita lebih memilih kajian/diskusi tentang kesusastraan khususnya puisi yang bertemakan Bersastraria,” ujar Ibrahim Darmawan atau kita kenal dengan Mas Margono selaku ketua pelaksana.

Salah satu anggota mengaku jikalau acara Takjil Budaya sangat mengesankan dan melatih kreativitas dalam berpuisi,

“Hal yang paling berkesan saat Takjil Budaya ini tidak memandang atasan bawahan, semua yang datang dianggap sebagai peserta, sehingga lebih terjalin silaturahminya, aku sebagai anggota baru El-Izzah merasa lebih dekat juga dengan alumni, kenal kabeh dadine mbak. Terus seneng juga praktik nulis puisi jadi lebih mengasah kemampuan dalam menulis,” ujar Silviya.

 

(La Leil)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.