2 Wilayah Indonesia Digetarkan Gempa pada Jumat 11 Juni 2021

""


PortalArjuna-Net. Jakarta – Beberapa wilayah Indonesia kembali digetarkan gempa pada Jumat (11/6/2021). Hingga pukul 19.00 WIB, ada dua kali lindu yang terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada laman resminya www.bmkg.go.id, melaporkan, gempa pertama menggetarkan wilayah Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Lindu tersebut terjadi pada pukul 09:23:42 WIB. Gempa bermagnitudo 5,7 dengan kedalaman 14 kilometer.
“Pusat gempa berada di laut 66 kilometer tenggara Bolaang Mongondow Selatan,” tulis BMKG.
Kemudian, sekitar pukul 10:07:04 WIB, lindu juga terjadi di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
Berikut informasi gempa hari ini selengkapnya yang dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:
Gempa pertama pada hari ini menggetarkan wilayah Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Gempa terjadi pukul 09:23:42 WIB,
Episenter lindu berada pada koordinat titik 0.06 Lintang Selatan (LS)-124.4 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut 66 kilometer tenggara Bolaang Mongondow Selatan. Lindu ini bermagnitudo 5,7 dengan kedalaman 14 kilometer.

BMKG menyatakan, gempa dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) III- IV di Gorontalo, Kotamobagu, Bolaang Mongondow Utara, Tutuyan, Minahasa Selatan, dan Bolaang Mongondow. Kemudian MMI III di Manado dan Bitung, MMI II di Taliabu, dan MMI II-III di Tondano. Wilayah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) juga terjadi gempa pada hari ini pukul 10:07:04 WIB.

Pusat gempa berada di darat 8 kilometer tenggara Samosir. BMKG menyatakan, gempa dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Kabupaten Samosir.
Episenter gempa berada pada koordinat 2.56 Lintang Utara (LU)-98.75 Bujur Timur (BT). Lindu ini bermagnitudo 2,8 dengan kedalaman 1 kilometer.

Alv.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.