4 Bupati Deklarasikan Pembentukan Provinsi Papua Selatan Dalam Rapat Akbar

""

Gambar : https://kumparan.com

PortalArjuna.Net-Merauke, Empat bupati yakni Bupati Merauke, Bupati Asmat, Bupati Boven Digoel dan Bupati Mappi, resmi mendeklarasikan pembentukan Provinsi Papua Selatan di Jalan Brawijaya, Kabupaten Merauke, Selasa kemarin (15/6).

“Kami resmikan Sekber untuk tim pemekaran Provinsi Papua Selatan, yang terdiri dari gabungan empat kabupaten. Dan sekaligus deklarasi kita ingin berjuang untuk pemekaran Provinsi Papua Selatan,” kata Wakil Bupati Asmat sekaligus Ketua Tim pemekaran Provinsi Papua Selatan, Thomas Eppe Safanpo.

Deklarasi Provinsi Papua Selatan ditandai dengan aksi pengumpulan tanda tangan di kain putih. Oleh sejumlah tokoh dari Selatan Papua, sekaligus peresmian Sekretariat Bersama Pemekaran Provinsi Papua Selatan.

Dukungan tanda tangan dimulai dari mantan Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze, Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu, Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo, hingga Wakil Bupati Mappi Ibnu Jaya Suud.

“Itu sebagai pernyataan dukungan dari para tokoh, bupati pimpinan-pimpinan DPRD, tokoh masyarakat tokoh agama tokoh adat dan pemuda di empat kabupaten tadi,” ungkap Thomas.

Dalam kesempatan itu tokoh adat di Merauke, Jhon Gluba Gebze menegaskan perjuangan pemekaran Provinsi Papua Selatan sudah berjalan hampir 20 tahun. Namun, selalu gagal akibat kebijakan, baik pada tingkat pemerintah Provinsi Papua maupun pemerintah pusat.

Jhon menegaskan selatan Papua merupakan wilayah Anim Ha yang menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan kedamaian. Wilayah Anim Ha sampai saat ini wilayah yang paling aman di Papua.

“Masyarakat di Pulau Jawa masih terlelap tidur, kita di sini sudah lebih dulu beraktivitas menjaga kedamaian. Namun, nilai-nilai kebangsaan ini seakan dilupakan oleh mereka yang ada di pusat sana,” kata Jhon.

“Seharusnya Pemerintah Pusat berterima kasih kepada masyarakat di Papua, karena masyarakat di wilayah ujung timur Indonesia ini selalu menjaga keutuhan NKRI” sambungnya.

(CN)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.