Alihkan TV Lokal Siaran Analog ke Siaran Digital

""


Gambar Ilustrasi: Tempo.com

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) menjelaskan stasiun televisi lokal bahwa pemerintah sepenuhnya mengalihkan seluruh siaran analog menjadi siaran digital atau Analog Switch Off (ASO).
Siaran TV analog akan dihentikan paling lambat pada tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB. Hal tersebut disampaikan Menteri Kominfo, Johny G. Plate dalam siaran pers di laman resmi Kominfo.

Berdasarkan informasi, Juru bicara Kominfo Dedy Permadi mengatakan seluruh infrastruktur multipleksing (MUX) yang dibangun di setiap daerah diklaim sudah mengakomodir seluruh siaran televisi analog, termasuk TV lokal. Lembaga penyiaran segera melaksanakan migrasi ke siaran digital, bagi daerah yang sudah tersedia infrastruktur inti merupakan sarana penyelenggaraan siaran digital, yakni MUX.

MUX adalah alat atau komponen elektronika yang bisa memilih input (masukan) yang akan diteruskan ke bagian output (keluaran).

Dikutip dari CNB Indonesia, Tahapan migrasi dari tv analog ke tv digital dilakukan dalam lima tahap berdasarkan wilayah, di mana batas waktu seluruhnya tidak melewati 2 November 2022, pukul 24.00 WIB. Rincian tenggat waktu masing-masing tahapan antara lain:
1. Tahap I paling lambat 17 Agustus 2021
2. Tahap II paling lambat 31 Desember 2021
3. Tahap III paling lambat 31 Maret 2022
4. Tahap IV paling lambat 17 Agustus 2022
5. Tahap V paling lambat 2 November 2022
Dikutip dari CNN Indonesia, Migrasi TV analog ke digital tertuang dalam UU Cipta Kerja Omnibus Law yang disahkan November 2022. Dalam ayat 2 pasal 60A disebut bahwa migrasi penyiaran televisi terestrial dari analog ke teknologi digital pada ayat 1 dan 2 ditetapkan 22 November 2022.

Pada Tahun 2009, pemerintah mengeluarkan roadmap infrastruktur TV digital disusun sebagai peta implementasi migrasi dari sistem penyiaran tv analog ke digital di Indonesia. Di Tahun 2012, Kemenkominfo mengeluarkan Peraturan Menteri Kominfo No. 05 tahun 2012, untuk mengadopsi standar penyiaran televisi digital terestrial Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation (DVB-T2) yang menjadi pengembangan standar digital DVB-T yang sebelumnya ditetapkan pada Tahun 2007.

Dm

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.