Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jatim Temukan Struktur Batu di Tambaksari Purwodadi

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Tim Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jatim, tengah melakukan evakuasi terhadap struktur batu bata di Dusun Blimbing, Desa Bulusari, Gempol. Belum selesai eskavasi, batu serupa kini ditemukan warga di Tambaksari, Purwodadi. Struktur batu bata kuno yang diduga terbuat dari batuan andesit ditemukan di Dusun Tambak Watu, Desa Tambaksari. Saat ini, penemuan tersebut telah dilaporkan kepada pihak dinas terkait.

“Penemuan itu kali pertama ditemukan oleh pemilik kebun. Saat itu warga tersebut sedang hendak menanam kopi. Ia melakukan penggalian hingga kemudian alatnya mengenai batu” Tungkas Ndandik Agung Wijaya, warga Dusun Tambak Watu.

Saat digali, ternyata ada struktur batu bata yang jumlahnya banyak. Batu bata tersebut tersusun rapi membentuk sebuah undak-undakan atau tangga. “Penemuannya kira kira sekitar tanggal 8 Juni lalu. Ya kemudian dilakukan penggalian hingga terlihat jelas,” katanya.

Menurutnya Ndandik, batu itu diperkirakan bukan buatan modern. Karena bentuknya lebih lonjong dan besar. Hampir sama seperti struktur batu bata zaman dahulu. Kemungkinan, batu bata yang lokasinya berada di sekitar tanah Perhutani tersebut, diduga peninggalan kerajaan dulu.

Ndandik menambahkan batu serupa juga ditemukan di lereng Gunung Arjuno, kemungkinan berasal dari sisa-sisa peninggalan kerajaan Majapahit. Ia menjelaskan, penemuan itu sendiri sudah dilaporkan kepada pihak desa. Bahkan, juga telah dilaporkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). “Dari Trowulan (BPCB, Red) juga sudah datang untuk mengecek,” katanya

SNF

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.