Fakultas Pertanian UYP Tempati Gedung Baru, Gedung Bhineka Tunggal Ika

""

Fakultas Pertanian merupakan satu dari lima fakultas di uyp yang selalu konsen menerapkan jargon multikultural dalam kegiatannya. Penggabungan adat budaya dan keilmuan dikemas dalam beberapa kegiatan baik formal maupun informal, salah satunya adalah kegiatan pindah gedung.

Sesuai dengan instruksi pimpinan uyp maka FP dalam operasionalnya dipindah dari gedung UUD 45 menuju gedung baru BHINEKA TUNGGAL IKA. Sebagai bentuk kepatuhan terhadap instruksi tersebut maka pada tanggal 27 Mei 2021, pimpinan FP beserta seluruh vibitas akademika FP melakukan tradisi pindah gedung. Menukil dari adat jawa yang kental akan budayanya maka civitas akademika melakukan kegiatan bedol gedung dengan adat jawa meskipun sederhana dan tidak selengkap adat aslinya.

Dalam prosesi kegiatan pindah gedung ini diawali dengan pembacaan doa kala meninggalkan gedung baru dengan ucapan terima kasih kepada Tuhan dan seluruh ciptaannya dalam menjaga civitas akademika bekerja di gedung lama. Selanjutnya rombongan berjalan beriringan sambil membawa oborampe menuju gedung baru cucuk lampah atau irang yang paling depan membawa sapu lidi dan menyapu jalan sebagai simbul membersihkan jalan agar dalam menuju lokasi baru dapat dimudahkan dan diberkahi. Selama dalam perjalanan seluruh rombongan bersholawat pada Rosululloh SAW agar hati selalu mencontoh tauladan beliau.

Dekan FP Idah Lumhatul Fuad dalam wawancaranya menyatakan bahwa semangat nguri-uri budaya jawa ini sebagai salah satu bentuk implementasi dari jargon uyp yaitu multikultural. Beliau juga berharap bahwa kegiatan ini bisa dilestarikan agar semangat berbudaya tidak luntur terkikis zaman.

“Semoga dengan pindah gedung ini akan meningkatkan kinerja seluruh civitas akademika FP dan mendapatkan manfaat serta keberkahan Allah SWT. Aamiin. FP jaya… UYP jaya… jaya… jaya.” Ujar Dekan FP Idah Lumhatul Fuad.

 

(NR )

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.