Israel Gempur Gaza Lagi hingga Bantrokan di Pawai Yahudi

""

Gambar : Ilustrasi serangan udara

PortalArjuna.Net-Pasuruan,  Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (16/6). Mulai dari Israel kembali gempur Gaza hingga 33 warga Palestina terluka dalam bentrok pawai Yahudi di Yerusalem. Angkatan udara Israel kembali melancarkan serangan ke Jalur Gaza pada pagi hari setelah gerilyawan di wilayah Palestina itu mengirim banyak balon udara berisikan api ke selatan Israel.

Serangan udara ini menandai bentrokan terbaru antara Israel dan milisi di Gaza sejak gencatan senjata pada 21 Mei lalu yang mengakhiri 11 hari pertempuran sengit antara Israel dan Hamas. Serangan ini juga merupakan yang pertama dilakukan Israel sejak dipimpin oleh pemerintahan baru Perdana Menteri Naftali Bennett. Menurut sumber keamanan di Palestina, angkatan udara Israel menargetkan setidaknya satu fasilitas di timur Kota Khan Younes, selatan Gaza.

AFP melaporkan bahwa bentrokan itu terjadi ketika polisi Israel berupaya mengusir warga Palestina dari jalur pawai Yahudi agar tak memicu gesekan. Polisi Israel dilaporkan memblokir jalan, melemparkan granat setrum, dan menembakkan peluru busa untuk mengusir warga Palestina dari jalur pawai. Akibat bentrokan itu, 33 warga Palestina terluka dan 17 orang lainnya ditahan. Kepolisian Israel memang sudah sempat melarang pawai Yahudi ini pada pekan lalu karena rencana rute arak-arakan yang dikhawatirkan dapat memicu bentrok dengan warga Palestina.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.