Makam Auliya’ Segoropuro di Pasuruan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

""


PortalArjuna.Net- Pasuruan, Komplek Makam Segoropuro Pasuruan ini pada hari biasa nyaris tak berbeda dengan kompleks makam lainnya yaitu sepi, hening, hanya dikunjungi tak lebih dari dua hingga lima orang peziarah. Tetapi bila jatuh pada malam Jum’at Legi peringatan haul setiap 10 Jumadil Akhir atau pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir puasa Ramadhan jumlah pengunjung di kompleks Makam
Wisata Religi Makam Segoropuro Pasuruan ini terletak di Desa Segoropuro Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Jawa Timur Indonesia kurang lebih berjarak 10 kilometer ke arah arah timur dari jantung Kota Pasuruan dengan melalui jalur transportasi Pasuruan – Probolinggo.

Wisata Religi Makam Segoropuro PasuruanWisata Religi Makam Segoropuro Pasuruan masuknya melalui pintu gerbang Desa Kemantren Rejo sebelah kiri jalan pantura tersebut kemudian dari situ lalu masuk kurang lebih 2,5 kilometer menuju Makam Segoropuro dengan ditandai gapura Desa Segoropuro.

Di sana terdapat tiga makam ulama besar. Yaitu Sayid Arif Abdurrahim, Sayid Abdurrahman, dan Mbah Kendil Wesi. Ketiga tokoh inilah dulu kala menjadi penggerak syiar Islam di pesisir Jawa, seperti Madura dan Pasuruan. Bahkan selain mereka berdo’a. Adapula yang berniat membaca dan menghafalkan garis silsilah Sayid Arif dengan Nabi Muhammad SAW.

Ch

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.