Malang Nasib Seorang Petani, Menggugat Hak yang “Terampas”

""

http://Gambar Ilustrasi: Peps.co.id

PortalArjuna.Net – Pasuruan, Rencana menaikkan tarif PPN dan memperluas barang kena Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di tengah kondisi ekonomi yang sulit adalah sebuah konsep kebijakan perpajakan yang salah arah dan salah kaprah. Khususnya pada bahan pokok atau sembako dalam produk pertanian.

Kebijakan perpajakan akan menaikkan harga kebutuhan bahan pokok, pendapatan masyarakat turun drastis, kemiskinan dan kesenjangan sosial semakin melebar. Kenaikan PPN ini membuat jumlah uang pengeluaran masyarakat sangat besar, konsumsi masyarakat turun, dan pertumbuhan ekonomi yang begitu menekan.

Dikutip dari beritamoneter.com, produk pertanian sama saja dengan “mengambil hak” petani secara paksa, yaitu melalui undang-undang. Harga produk pertanian, misalnya beras (dan gula), selalu ditekan untuk tidak naik demi menjaga “momok” inflasi, dengan mengatur harga melalui Harga Eceran Tertinggi (HET). Sedangkan HET beras tidak pernah naik sejak ditetapkan tahun 2017.

Petani padi di Indonesia merasakan kesengsaraan. Kehidupannya menjadi semakin miskin karena pendapatan petani yang termakan inflasi. Sedangkan produktivitas padi tidak bisa meningkat, cenderung turun (decreasing economic returns).

Kebijakan HET dan pengenaan PPN merupakan dua kebijakan yang saling melengkapi untuk tidak berpihak kepada petani, kebijakan yang mengakibatkan petani menjadi tambah miskin, secara struktural.

Kenaikan harga produk pertanian yang diberikan kepada petani, merupakan hak petani yang mayoritas, petani merasakan dimiskinkannya oleh sebuah kebijakan.

Terdapat kenaikan harga yang akan “diambil” oleh pemerintah “secara paksa” melalui undang-undang perpajakan. Semoga kebijakan bisa dikoreksi dan diberikan keberpihakan kepada petani. Dan semoga hak yang sudah terampas akan di kembalikan seperti semula, tidak akan merasakan pahitnya seperti penjajahan yg tertekan oleh keadaan.

Kebijakan pemerintah wajib memeperbaiki nasib petani, agar dapat memberikan kenaikan harga kepada petani, dengan menaikkan HET.

DM

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.