Profil Singkat “Crazy Rich” Anggota DPRD Kota Pasuruan

""

PortalArjuna.Net – Pasuruan, Anggota DPRD Kota Pasuruan, Soemarjono, dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp31,3 miliar. Ia kemudian bercerita darimana asal harta kekayaannya tersebut.

Lalu seperti apakah profil Soemarjono?

selain duduk sebagai anggota legislatif di Kota Pasuruan, ia juga mengelola dua lembaga pendidikan, yakni SMK Farmasi di Kabupaten Malang dan SMK Teknik di Kabupaten Kediri.

“Basic saya memang di dunia pendidikan,” kata pria yang lahir di Madiun 49 tahun silam itu.Ia menamatkan sarjana Pendidikan PPKN di Universitas Wisnuwardhana, Malang. Kemudian melanjutkan pascasarjana di Universitas Negeri Malang dengan mengambil studi Pendidikan Luar Sekolah.Tidak berhenti, pada tahun 2014 Soemarjono melanjutkan pendidikan doktoral di Universitas Negeri Malang, dengan mengambil studi Manajemen Pendidikan.

“Waktu pendidikan doktoral itu saya sudah jadi anggota DPRD Kota Pasuruan,” ujarnya.

Kiprahnya di dunia politik dimulai pada tahun 2013. Saat itu Soemarjono bergabung dengan Satuan Relawan Indonesia Raya (SATRIA) yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra. Ia didapuk menjadi Ketua SATRIA Kabupaten Malang.

Soemarjono mengaku, dengan masuk ke dunia politik justru malah menunjang konsentrasinya terhadap dunia pendidikan. Ia bisa terlibat langsung dalam membangun pendidikan yang ada di sekitar.

Lebih spesifik, ia menyebut tentang pendidikan luar sekolah yang sesuai bidangnya. Sejauh ini, kata Soemarjono, pemerintah lebih banyak fokus menggarap pendidikan formal, sementara pendidikan non formal atau pendidikan luar sekolah belum tersentuh secara maksimal.

“Contohnya penyetaraan, paket A, B, C itu. Lalu ada kursus dan pelatihan. Terus ada gender, yaitu meningkatkan kemampuan perempuan berwirausaha. Yang membuat grand design itu ya pendidikan luar sekolah,” katanya.

Politisi Gerindra ini sekarang duduk sebagai anggota DPRD Kota Pasuruan selama dua periode. Bahkan sekarang, putra pertamanya, Tutur Anjar Jiwandono juga ikut terjun ke dunia politik.

Di DPRD Kota Pasuruan, Soemarjono sekarang menjabat sebagai Ketua Komisi II yang membidangi salah satunya masalah perekonomian. Namun sesekali di luar aktivitasnya sebagai anggota dewan, ia kadang diundang sebagai dosen tamu di kampus-kampus.

“Ya sesekali diundang mengisi diklat di Gresik, di Kediri, di Malang. Temanya tentang pendidikan. Kita memberi wawasan kepada kepala sekolah,” imbuh pria yang memiliki tiga anak tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, berdasarkan LHKPN miliknya sendiri, Soemarjono boleh dibilang sebagai anggota DPRD Kota Pasuruan terkaya dengan total harta kekayaan Rp31,3 miliar.

Harta kekayaannya didominasi tanah dan bangunan sebanyak 20 item tanah dan bangunan yang tersebar di sejumlah daerah seperti Pasuruan, Kediri, dan Malang.

RM

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.