Aplikasi Tik Tok Bukan Sekedar Trend! Mahasiswa Administrasi Bisnis Ajak Gunakan Sebagai Peluang Digital Marketing UMKM

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Trend pada tehnologi masa kini menghasilkan banyak temuan inovasi aplikasi-aplikasi berbasis digitalisasi. Salah satunya aplikasi Tik Tok yang dirilis sejak tahun 2016 dan trending sejak tahun 2019 lalu. Aplikasi yang di mana para penggunanya bisa berbagi video musik dengan durasi pendek. Namun, kini aplikasi Tik Tok sudah bisa di inovasi kan sebagai media Digital Marketing.

Mahasiswa Administrasi Bisnis dalam perkembangannya menyelesaikan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021, telah mensurvei 10 UMKM di Pasuruan yang menggunakan aplikasi Tik Tok sebagai media promosinya. Survei dengan 200 koresponden kuisioner yang tersebar di setiap pelanggan UMKM ini dinilai cukup efektif. Pasalnya pengakuan dari salah satu pengusaha UMKM mengungkapkan bahwa kurang dari seminggu penonton Tik Tok sudah menembus 1000 kali viewers, dan menambah banyak order online meskipun masih di masa PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

“Survei dari Aplikasi Tik Tok sebagai Digital Marketing ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk/jasa dalam bidang promosi dan digital marketing, memberikan arahan dalam proses promosi untuk menghasilkan konten kreatif yang menyenangkan dan memberikan solusi bagi permasalahan kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen” ungkap Sinta Novianti selaku ketua PKM-RSH dari Administrasi Bisnis

Dengan kedua anggotanya Shofiatul Fitriyah dan Chalimatus Sa’diyah mahasiswi administrasi bisnis semeter 7 berharap setiap pembaca jurnalnya dapat memahami dan termotivasi untuk mengembangkan UMKM pemasaran produknya, dan memberikan dampak positif terkait penggunaan aplikasi tiktok sebagai salah satu media promosi produk atau jasa dimasa digitalisasi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.