Peluang Bisnis! Budidaya Tanaman Hidroponik di Desa Cendono Makin Eksis

""

Portalarjuna.net- Purwosari, Bertani tak melulu harus dilakukan berpanas-panas dan kotor-kotoran dan di sawah. Dengan teknologi, setiap orang bisa menjadi petani tanpa harus terjun ke sawah. Salah satunya melalui pertanian hidroponik.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Dengan metode modern tersebut, bertani bisa dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan ketersediaan tanah sebagai media tanam.

Kunjungan sekilas ke lokasi Kebun Sayur Hidropomik milik Bapak Syaikhu yang menggunakan lahan sekitar 336 meter persegi, ternyata hasil sayurannya lumayan menggairahkan. Menurut pak syaikhu, usaha ini bisa mengantongi rupiah yang lumayan mencengangkan.

Selain bertani, di kebun Sayur Hidroponik ini, juga membebaskan pelatihan kepada masyarakat, instansi maupun sekolah, untuk belajar membudidayakan tanaman hidroponik.
Untuk saat ini, Kebun Hidroponik milik bapak Syaikhu di Desa Cendono, hanya membudidayakan tanaman selada. Namun, jika ada yang meminta untuk dibuatkan tanaman lain, disini juga bisa didapatkan.

Menanam sayur dengan metode hidroponik ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya tidak perlu banyak air karena air akan terus disirkulasi atau diedarkan dalam sistem yang telah dibuat sebelumnya.

Selanjutnya, Tanaman hasil hidroponik lebih bersih dan steril karena tidak ada tanah yang berceceran. Tak hanya itu, budidaya hidroponik ini cocok diterapkan di lahan yang sempit.

Tanaman selada yang dibudidayakan pak syaikhu ini memiliki usia panen selama 35-40 hari. Setelah melewati masa pembibitan, peremajaan, dan pendewasaan (usia siap panen) sayur akan di pasarkan.

Untuk pemasarannya, selain diambil restaurant dan disetorkan kepada pengepul beliau juga memanfaatkan market place di sosial media seperti whatsapp maupun Facebook.

“Kalau pemasarannya kita biasa di ambil sama Restoran-restoran terdekat, kadang juga setor ke pengepul. Selain itu, kita juga tarik pelanggan dari sosial media, ” Papar Bapak Syaikhu.

Menurutnya, budidaya hidroponik ini, selain bisa untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, hasil dari pertanian itu juga bisa menambah pendapatan keluarga.

(Ir_Kkn29)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.