Bersama LMDH Bumi Lestari Ledug, PT. Tirta Investama Pandaan Komitmen jaga Ekosistem Alam berbasis Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Hutan Blok Sapen Gunung Arjuna

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan,   26 Juli 2021. Terhitung semenjak tahun 2009, komitmen Corporate Social Responbility (CSR) PT. Tirta Investama Pandaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hutan Blok Sapen patut diapresiasi, baik dalam skala Program Konservasinya melalui pengadaan ribuan bibit jenis konservatif air, agroforesti maupun Pohon MPTS (multi porposes trees spesies) yang bermanfaat ganda secara hidrologis dan ekonomis. Karena prinsip konservasi bukan hanya soal tanam lalu tinggal, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bumi Lestari Mulyorejo Kelurahan Ledug, Prigen menjadi aset kemitraan sosial utama dalam tatakelola hutan secara berkesinambungan.

Ketua LMDH Ledug, Kasiman mengutarakan bahwa lestarinya daerah hulu akan membawa manfaat air untuk daerah tengah dan hilir, dalam hal ini Pasuruan. “Kami tidak mungkin bergerak sendiri, saya sangat apresisasi inisiatif dan i’tikad baik dari lintas stakeholder terutama CSR Aqua Pandaan karena komitmennya terlibat dalam menjaga ekosistem alam“. Terang singkat Kasiman ketika dalam pertemuan dengan Tim Peneliti Herb-Biodiversity dari ITS NU Pasuruan dan Univ. Yudharta Pasuruan.

Dilain kesempatan, selaras dengan pernyataan balik Mulyono Wibisono, CSR Coordinator PT. Tirta Investama Pandaan (AQUA), bahwa terkait keberlangsungan ekosistem alam di Hutan Blok Sapen ini menjadi tanggung jawab bersama.   5 tahun kedepan, ia juga menambahkan bahwa konservasi berbasis pemberdayaan masyarakat adalah fokus utama dengan berbagai pendekatan yang edukatif, akseleratif dan sustainable. Oleh karena tidak hanya utamakan kepentingan lingkungan, namun pendidikan yang selaras dengan alam serta ditunjang untuk menopang perekonomian, menjadi prioritas Program CSR PT. Tirta Investama Pandaan.

“Konservasi berbasi pemberdayaan masyarakat ini penting untuk meningkatkan kualitas alam serta pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan dan penanaman Pohon MPTS (multi porposes trees spesies) yang bermanfaat ganda secara hidrologis dan ekonomis” Ujar Wibisono.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.