Lakukan Tridharma, Mahasiswa KKN Universitas Yudharta Membangun Bank Sampah di Desa Pakukerto

""

PortalArjuna.Net- Pasuruan, Manusia dalam melakukan aktifitas tentu tidak luput dari yang namanya sampah, yang merupakan konsekwensi dari segala aktivitas. Mahasiswa KKN SDGS kelompok 16 berinisiatif membuat program kerja Bank Sampah, yakni media tempat pengumpulan sampah warga.  Kegiatan yang mengajarkan  masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah rumah tangga berupa organik maupun non-organik yang akan diolah dilaksanakan oleh masyarakat setempat Dusun Janti RW.007 Desa Pakukerto.

Program Bank Sampah yang ditujukan kepada Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ini dibuka dengan sosialisasi mengenai bank sampah oleh DLH bu yeni purwosari. “Sebenarnya warga kami melakukan kegiatan pembuangan sampah di TPA terdekat. Yang nanti kami jual ke pengepul.  Akan tetapi, di TPA tersebut tidak ada proses pemilahan sampah”. Ujar salah satu pengurus TPA desa Pakukerto.

Dengan adanya Bank Sampah di Desa Pakukerto, para warga tidak perlu mencari pengepul lagi. Karena Bank Sampah tersebut akan menjadi alternatif bagi warga dalam memenuhi kebutuhan hidup di masa depan, dengan sistem pencairannya yang akan diberikan dalam bentuk uang atau barang sesuai dengan kesepakatan warga.

“Ketika para mahasiswa KKN menawarkan sosialisasi tersebut kami sangat antusias”. Kata Kepala desa Pakokerto.

Kendatipun mahasiswa KKN sudah tidak berada disana, program Bank Sampah ini diharapkan dapat terus berlanjut karena memiliki berbagai manfaaat. Salah satunya, menjadikan lingkungan lebih bersih dan menguntungkan warga dari segi perekonomian.

“Kami berharap bila kegiatan KKN ini selesai, para warga dusun Janti desa Pakukerto Kecamatan Sukorejo tetap semangat untuk mengelolah sampah dengan Bank Sampah yang akan didirikan, dan kami berharap proker ini juga diikuti warga desa Pakukerto lainnya”. Ungkap bapak H. Suratman (KADES Pakukerto).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.