Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, Selenggarakan Psychofun Education Undang Tiga Tokoh Agama

""

Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan (HIMAPSI UYP) menyelenggarakan Psychofun Education Di Universitas Yudharta Pasuruan (UYP), Sabtu (25/9/2021)

Adapun tema yang di usung dalam sesi tersebut adalah “Penanaman Nilai Religius dan Pluralistik” yang di hadiri oleh Dr. Laurensius Laka, M.Psi. sebagai tokoh agama Kristen, Gus H.Muhammada, M.Pd. sebagai tokoh agama Islam, dan Juru Mangku Sutiko sebagai tokoh agama Hindu.

Sesi tersebut di mulai dengan sambutan oleh Bapak Sutiko selaku pemangku. Beliau mengatakan dengan adanya toleransi akan memunculkan rasa sopan santun dan saling menghargai antar sesama, lebih-lebih kepada orang yang lebih tua. Dengan adanya toleransi ini memunculkan kesadaran akan Bhineka Tunggal Ika, dari nenek moyang terdahulu sudah tertanam kebinekaan dalam diri bangsa.

“Dengan adanya toleransi maka kita dengan mudah menerima keberagaman suku, ras, dan budaya. Semakin tinggi ilmu seorang, maka semakin tinggi rasa toleran. Semakin tinggi keilmuan seorang, maka semakin tinggi juga rasa hormat kepada orang lain”. Ujar Gus Muhammada

“Dalam memunculkan jiwa toleransi, kita bisa melihat figur yang ada. Romo Kyai.H Soleh Bahrudin seorang figur toleransi yang patut di contoh”. Tutur imbuh Bapak Laurensius

Sementara itu acara Psychofun Education ini dihelat untuk memberikan edukasi dan berdiskusi di bidang keberagaman dalam sudut pandang suku, ras, dan kebudayaan kepada mahasiswa baru.

Adapun dalam sesi diskusi antar agama, ras, dan budaya kali ini fokus pembahasannya yaitu saling menghargai dan menumbuhkan rasa kebhinekaan yang di tanamkan kepada mahasiswa baru jurusan Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan.

Disamping kegiatan Psychofun Education ini, diadakan juga pelatihan Outbond kepada mahasiswa baru jurusan Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan sebagai salah satu rangkaian acara pada hari minggu.

HIMAPSI sebagai organisasi yang mewadahi kegiatan Outbond dan Training yang di dampingi oleh ahli dalam bidang tersebut, setelahnya diharapkan mahasiswa Psikologi dapat mengembangkan Outbond sebagai sarana pengembangan soft skill mahasiswa baru jurusan Psikologiantara lain; Team Building, Leadership, dan Problem Solfing

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.