Menyiapkan Mahasiswa berkompeten di Era Society 5.0. Kaprodi Teknik Informatika : “Mahasiswa harus memiliki banyak kemampuan!”

""

Tenik Informatika dalam rangka peningkatan dan wawasan pada MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) mengundang Suwandono atau biasa yang akrab dengan Mbah Suro Dhemit. Sociesty 5.0 menjadi tombak utama terlaksanakanya acara tersebut. Senin, 27 September 2021 di Hall Meet Gedung Nusantara

Society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Acara yang di isi oleh Mbah Suro kelahiran Klaten itu dihadiri oleh 57 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Teknik Informatika semester 3 dan 5. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi, hal ini dibeberkan oleh Mbah Suro Dhemit dalam penyampaian sambutannya “ Huamn Society ini berarti pada inti dan artinya mempelajari bagaimana cara memanusiakan manusia agar tidak dibodohi oleh teknologi”

Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Informatika mengatakan bahwa memang sudah waktunya kita gencar Mahasiswa untuk memiliki banyak kemampuan, karena itu sebuah tuntutan agar tidak tertinggal dengan pendidikan-pendidikan lain. Di abad 21 kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa adalah memiliki kemampuan 6 Literasi Dasar (literasi numerasi, literasi sains, literasi informasi, literasi finansial, literasi budaya dan kewarganegaraan).

Mahasiswa juga harus dituntut memiliki kecakapan hidup abad 21 yaitu memiliki kemampuan leadership, digital literacy, communication, emotional intelligence, entrepreneurship, global citizenship, team working dan problem solving. Fokus keahlian bidang pendidikan abad 21 saat ini dikenal dengan 4C (Risdianto, 2019) yang meliputi creativity, critical thinking, communication dan collaboration.

“Banyak harapan dari terselenggaranya acara ini, apalagi kita datangkan pemateri yang luar biasa yakni Mbah Suro Dhemit sudah sangat banyak pengalaman dan ilmunya. Semoga mahasiswa bisa menerapkan pelajaran-pelajaran yang telah disampaikan” Tutup Imron Rosadi saat ditemui tim portal Arjuna.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.