Pasopati 2021, Afif : Gerbang Utama Untuk Bertransisi dari Siswa Menuju Mahasiswa

""

PortalArjuna.net – Pasuruan, Pasopati (Pekan Sosialisasi dan Orientasi Pendidikan Tinggi) 2021 digelar kembali oleh Universitas Yudharta Pasuruan secara daring dan luring. Kegiatan tersebut berlangsung empat hari yang salah satu harinya dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Selama empat hari MaBa (Mahasiwa Baru) di gembleng materi – materi atau kegiatan – kegiatan yang bersifat membangun karakter, merubah pola pikir, paradigma dan mindset mereka. Sehingga disinilah perubahan awal siswa menjadi mahasiswa karena maba digodok dalam pembentukan karakter.

“Kegiatan Pasopati merupakan gerbang utama bagi maba untuk bertransisi dari siswa menuju mahasiswa, dari pola pikir yang bahwasanya sekolah itu hanya datang, kerjakan, pulang, kemudian berfikir bagaimana kita manajemen waktu yang baik sehingga kita mampu mendapatkan ilmu, bertanggung jawab, belajar analisis sosial dan sadar sosial”. Ujar M Afiful Hikam, mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang juga selaku ketua pelaksana Pasopati 2021.

Diantaranya materi pluralisme yang disampaikan pada stadium general, pembentukan karakter mahasiswa, bela negara dan juga orasi kebangsaan.

Selain itu, Pasopati 2021 ini mendapat antusias tinggi baik dari peserta maupun panitia pelaksana. “Pasopati tahun ini luar biasa berkesan, karena aku sendiri pertama kalinya jadi panitia Pasopati dan lihat bagaimana merangkai sebuah event yang cukup bagus, mulai dari awal pembentukan panitia sampai sekarang acara berjalan”. Kata Rian Afrilla Ponto yang menjadi devisi acara pada Pasopati kali ini.

“Acaranya yang bagus buat saya sendiri dan untuk teman – teman maba inilah hasil maksimal yang diberikan panitia”. Tambah mahasiswa kelahiran Manokwari, Papua Barat ini.

Pasopati 2021 yang mengusung tema “Yudharta Berkarya untuk Bangsa” ini sebelumnya sempat di undur beberapa hari karena tidak mendapat izin dari Satgas COVID-19 Kabupaten Pasuruan, sehingga panitia memilih untuk ditunda hingga dua minggu. (MM)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.