Training dan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Program Sekolah Pensiunan Aqua Lestari (SPENAq)

""

Pada September 2021 akan terselenggara kegiatan berupa Training dan Focus Group Discussion (FGD) di Kaliandra Eco Resort, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Hadir pula pada kegiatan ini yaitu Kepala Desa Karangjati Pandaan (Bapak Kuyatip), Kepala Dusun Jatianom dan Sukorejo Desa Karang Jati, serta perwakilan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Tirta Investama Pandaan-Pasuruan. Adapun kegiatan ini merupakan hasil dari kerjasama antara Yayasan Investasi Sosial Indonesia (YISI) dan CSR PT Tirta Investama Pandaan-Pasuruan. Dapat dikatakan, SPENAq merupakan bentuk komitmen dan kepedulian dari CSR PT. Tirta Investama Pandaan-Pasuruan terhadap masyarakat sekitar.

Sekolah Pensiunan Aqua Lestari (SPENAq) diinisiasi ke tengah-tengah masyarakat untuk mendukung terciptanya wadah organisasi bagi kelompok pensiunan. Tujuannya yaitu meningkatkan pemahaman kepada kelompok pensiunan sekitar perusahaan, bahwa pada masa pensiunan dan pandemi seperti saat ini beberapa kegiatan produktif masih dapat dikembangkan. Dengan adanya SPENAq juga diharapkan mampu memberikan penguatan karakter dan kapasitas bagi pensiunan, khususnya melalui pelatihan yang akan terselenggara dari Oktober hingga bulan Desember 2021.

Pada acara kali ini, peserta berasal dari 15 perwakilan pensiunan dari Dusun Jatianom dan Dusun Sukorejo, Desa Karang Jati, yang sebelumnya telah berpartisipasi dalam kegiatan survey selama bulan Agustus, serta mini workshop yang terselenggara pada 27 Agustus 2021. Tujuan dari penyelenggaraan ini yaitu memetakan minat para pensiunan, serta menyusun program kegiatan SPENAq yang akan menjadi acuan dalam kegiatan selanjutnya. Adapun rangkaian acara akan terselenggara selama dua hari, diisi dengan beberapa sesi menarik dari fasilitator dan tim ahli dalam program Sekolah Pensiunan, antara lain yaitu sesi brainstorming, yoga dan relaksasi, pemetaan minat dan lainnya.

Pada akhirnya, keberadaan SPENAq nantinya dapat memberikan perspektif serta kegiatan yang aplikatif untuk para  pesertanya, misalnya saja peningkatan pengetahuan dalam manajement keuangan pasca pensiunan, meningkatnya kemampuan dasar-dasar pertanian/peternakan, berkembangnya kemampuan dalam berwirausaha, dan lain sebaginya.

Selain itu, SPENAq juga memiliki kegiatan dalam penguatan mental, spritual dan sosial yang menjadikan SPENAq lebihi istimewa dan berbeda dari sekolah pada umumnya. Tentu proses ini membutuhkan partisipasi penuh dari para pensiunan sebagai subjek utama dalam program SPENAq.

(Sutris)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.