Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 April 2024

Yayasan Investasi Sosial Indonesia (YISI) Gelar Training dan FGD Pengembangan Program Sekolah Pensiunan Aqua Lestari (SPENAq)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Sekolah Pensiunan Aqua Lestari (SPENAq)  menginisisasi ke tengah masyarakat untuk mendukung terciptanya wadah organisasi bagi kelompok pensiunan dengan menggelarkan  Training dan Focus Group Discussion (FGD) belangsung pada 25-26 Sepetember 2021 di Kaliandra Eco Resort, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Hadir pula pada kegiatan ini yaitu Kepala Desa Karangjati Pandaan (Bapak Kuyatip), Kepala Dusun Jatianom dan Sukorejo Desa Karang Jati, serta perwakilan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Tirta Investama Pandaan-Pasuruan.

Sebanyaka 15 peserta perwakilan pensiunan dari Dusun Jatianom dan Dusun Sukorejo, Desa Karang Jati, yang sebelumnya telah berpartisipasi dalam kegiatan survey selama bulan Agustus, serta mini workshop yang terselenggara pada 27 Agustus 2021. Selama dua hari peserta mengikuti beberapa serangaian acara dengan beberapa sesi menarik dari fasilitator dan tim ahli dalam program Sekolah Pensiunan, antara lain yaitu sesi brainstorming, yoga dan relaksasi, pemetaan minat dan lainnya. Yang pada ekspektasinya keberadaan SPENAq dapat memberikan perspektif serta kegiatan yang aplikatif untuk para pesertanya, misalnya saja peningkatan pengetahuan dalam manajement keuangan pasca pensiunan, meningkatnya kemampuan dasar-dasar pertanian/peternakan, berkembangnya kemampuan dalam berwirausaha, dan lain sebaginya.

Adapun kegiatan yang merupakan hasil dari kerjasama antara Yayasan Investasi Sosial Indonesia (YISI) dan CSR PT Tirta Investama Pandaan-Pasuruan ini, bertujuan meningkatkan pemahaman kepada kelompok pensiunan sekitar perusahaan, bahwa pada masa pensiunan dan pandemi seperti saat ini beberapa kegiatan produktif masih dapat dikembangkan. Dapat dikatakan, SPENAq merupakan bentuk komitmen dan kepedulian dari CSR PT. Tirta Investama Pandaan-Pasuruan terhadap masyarakat sekitar.

Selain itu, SPENAq juga diharapkan mampu memberikan penguatan karakter dan kapasitas bagi pensiunan, khususnya melalui pelatihan yang akan terselenggara dari Oktober hingga bulan Desember 2021. Tujuan lain dari penyelenggaraan ini yaitu memetakan minat para pensiunan, serta menyusun program kegiatan SPENAq yang akan menjadi acuan dalam kegiatan selanjutnya. Adapun Selain itu, SPENAq juga memiliki kegiatan dalam penguatan mental, spritual dan sosial yang menjadikan SPENAq lebih istimewa dan berbeda dari sekolah pada umumnya. Tentu proses ini membutuhkan partisipasi penuh dari para pensiunan sebagai subjek utama dalam program SPENAq.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial