Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Dosen Unmer Malang, Lakukan Diskusi Bersama Pegiat Lingkungan dan Air di wilayah Alas Pinggan Pasuruan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portal Arjuna. Selasa, 21 Desember 2021 Pegiat lingkungan dari Universiatas Malang melakukan kegiatan yang menggandeng para pegiat lingkungan wilayah Pasuruan. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan Kawasan hutan dan Daerah Aliran air sungai Wilayah Arjuno, Welirang dan Penanggungan.

Kegiatan ini dihadiri dari beberapa Stake Holder Pegiat Lingkungan mulai dari Ketua LMDH, DLH, Ketua Perhutani, Forum DAS Pasuruan, Yayasan Satu Daun, Exis Mandiri, dan dari perusahan AMDK PT Tirta Investama Pandaan dan Keboncandi.

Prof. Gunawan mengatakan dalam sambutannya “Saat ini sudah memasuki musim hujan, kita semua harus melakukan upaya antisipasi banjir dan longsor yang akan terjadi di wilayah Kab. Pasuruan” Pesan beliau sambil memperlihatkan sekumpulan video banjir yang ada di wilayah Kota Batu.

Sambutan yang kedua dari Yayasan Satu Daun ia menyampaikan bahwa “yang menjadi tantangan kita saat ini yaitu, bagaimana kita bisa memberikan pemahaman kepada para petani kopi yang ada di wilayah Lereng Arjuno ini” Kata Diono selaku ketua Yayasan Satu Daun. Yayasan satu daun juga merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengembangkan perekonomian warga sekitar.

PT Tirta Investama menyampaikan “Kepedulian kepada lingkungan harus berlanjut secara terus menerus, tidak hanya 1 sampai 2 tahun saja, aka tetapi secara terus menerus” Terang Wibisono sebagai pelaku CSR Aqua Pandaan.
Oleh karnanya pelestarian lingkungan harus terus dijaga, sebagaimana sumber mata air yang digunakan setiap hari oleh manusia akan berkurang jika dibiarkan begitu saja.

Selain berdiskusi tentang lingkungan dan air, mereka juga melakukan penanaman di sekitar area Alas Pinggan, sebagai symbol untuk melestarikan ekosistem lingkungan hutan agar tidak punah.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial