Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

1 Tahun Lebih ditutup Karena Pandemi, Kini Candi Belahan Kembali dibuka

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
 SumberFoto : @farizal.akbarr

PortalArjuna.net-Pasuruan, Petirtaan Belahan atau yang dikenal dengan Candi Belahan, merupakan objek wisata yang terletak disisi timur lereng Gunung Penanggungan, tepatnya di Dusun Belahan Jowo, Desa Wonosunyo, Kec.Gempol, Kab.Pasuruan.

Candi Belahan adalah salah satu petirtaan peninggalan dari Kerajaan Airlangga yang masih ada. Candi ini menarik banyak pengunjung, karena selain tempatnya yang sejuk dan pemandangannya yang indah, disini pengunjung juga dapat belajar sejarah dari zaman kerajaan terdahulu.

Namun adanya pandemi Covid-19, membuat Candi ini sempat ditutup pada awal tahun 2020. “Sempat ditutup memang pada awal tahun 2020 karena pandemi covid-19 dan juga mematuhi peraturan PSBB dan PPKM dari Pemerintah,” Ujar Pak Astono.

“Tetapi Alhamdulillah kemarin tanggal 1 Desember 2021 Candi Belahan kembali dibuka mengingat Covid-19 dan PPKM di Kabupaten Pasuruan kembali normal,” Imbuhnya.

Juru Kunci Candi Belahan itu menjelaskan, adanya penurunan pengunjung setelah penutupan selama kurang lebih satu tahun tersebut. Pengunjung hanya berkisar 50-60 orang di hari biasa, dan 300 orang di weekend.

Meskipun wisata ini sepi pengunjung, namun Pak Astono tetap menjaga Candi Belahan agar tetap baik. Setiap harinya beliau selalu melihat kondisi Candi Belahan untuk memastikan kondisi dari setiap candi yang ada. Beliau juga berharap, agar candi ini dapat kembali menjadi objek wisata yang ramai seperti dulu.
(MFAA)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial