13 Januari Hari Apa? Mulai dari Temuan Satelit Callisto Hingga Perang Revolusi Perancis

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Pada tahun 2022 ini, tanggal 13 Januari jatuh di hari Kamis, lalu apa saja peringatan peristiwa bersejarah pada tanggal tersebut?

Ada banyak peristiwa yang tejadi di masa lampau pada tanggal 13 Januari. Mulai dari Galileo Galilei menemukan satelit keempat Jupiter, Callisto hingga terjadinya perang revolusi perancis.

Selain dua peristiwa tersebut, masih ada beberapa kejadian besar yang diperingati setiap tanggal 13 Januari. Berikut Tim Portal Arjuna rangkum peristiwa dan kejadian bersejarah yang terjadi pada tanggal tersebut.

Penemuan Satelit Callisto oleh Galileo

Pada tanggal 13 Januari 1610, Galileo Galilei yang merupakan fisikawan sekaligus astronom Italia menemukan satelit keempat Planet Jupiter yang kemudian diberi nama Satelit Callisto.

Satelit ini memiliki diameter hampir seukuran Planet Merkurius dan menjadikannya satelit terbesar ketiga di Tata Surya dan terbesar kedua dari 79 satelit yang dimiliki Jupiter setelah Ganymede.

Meskipun diameternya mencapai 99% ukuran Planet Merkurius namun massa satelit ini hanya sepertiga dari planet paling dekat dengan matahari tersebut. Satelit Callisto memiliki jari-jari orbit sekitar 1.880.000 Km.

Gempa El Salvador

Gempa yang menewaskan sekitar 4 ribu jiwa penduduk El Salvador ini terjadi pada 13 Januari 2001 dengan kekuatan guncangan 7,6 skala richter.

Penyebaran informasi dan distribusi bantuan di negara bagian Amerika Tengah tersebut menjadi sangat sulit karena rusaknya jaringan listrik dan telepon yang diakibatkan dahsyatnya guncangan gempa.

Karamnya Kapal Costa Concordia

Kapal pesiar yang termasuk kelas Concordia ini karam pada 13 Januari 2021 di lepas Pantai Isola Del Giglio, Italia. Nama Concordia sendiri merepresentasikan harmoni, kesatuan, dan perdamaian yang terus berlanjut di antara negara-negara Eropa.

Akibat peristiwa tersebut, paling tidak ada 25 korban tewas, 42 luka-luka, 7 penumpang belum diketahui, dan sekitar 4.000 lainnya dievakuasi.

Sestri Ponente milik Fincantieri yang bertempat di Italia merupakan galangan kapal yang membuat kapal Costa Concordia. Sementara Costa Cruises adalah pemilik sekaligus yang mengoperasikan kapal tersebut.

Costa Concordia memiliki berat sekitar 114,500 GT dan membuatnya jadi kapal terbesar yang pernah dibuat di Italia. Kapal ini mulai berlayar untuk pertama kalinya pada bulan Juli 2006.

Terjadinya Perang Revolusi Prancis

Perang ini merupakan rentetan konflik besar antara pemerintahan revolusi Prancis dengan beberapa negara Eropa yang terjadi mulai tahun 1792 hingga 1802.

Perang Revolusi Prancis biasanya dibagi menjadi dua yaitu, perang Koalisi Pertama (1792-1797) dan Koalisi Kedua (1798-1801). Semangat revolusioner Prancis dan inovasi militer menjadi tanda mulainya perang ini.

Akibatnya Pasukan Revolusi Prancis mampu mengalahkan negara yang berkoalisi untuk menentang mereka, wilayah kekuasaan Prancis pun meluas hingga ke Negara Rendah, Italia, dan Rheinlandia.

Perjanjian Miens menghentikan perang ini pada tahun 1802, namun peristiwa lain sebelum dan sesudah perjanjian tersebut telah diusulkan untuk menjadi titik awal dari Perang Napoleon.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.