Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Cuaca Buruk, Sejumlah Nelayan Enggan Melaut

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

 

PortalArjuna.net-Pasuruan, Laut semare merupakan salah satu laut yang ada di Desa Semare, kecamatan Kraton, kabupaten Pasuruan. Sebagian besar masyarakat disana adalah bekerja sebagai nelayan.

Musim hujan sangat berpengaruh terhadap penghasilan semua nelayan disini, kami takut tiba-tiba ombak besar dan angin kencang datang, jadi kami memutuskan untuk tidak berlayar.” ungkap bapak Nadir (56), Selasa (12/01/2022).

Sudah satu minggu ke belakang ini, hasil tangkapan para nelayan menurun di laut, Bapak Nadir mengaku, jumlah ikan yang dia tangkap tak sebanyak biasanya. “Iya, udah seminggu turun,” Ujar beliau.

Jika biasanya dalam satu hari bapak Nadir bisa mendapatkan ikan paling banyak 4 ton, kini dia hanya bisa menangkap satu ton ikan di laut. “Kalau lagi normal ya 2 ton, sekarang mah tidak sampai satu ton” lanjutnya.

Pak Pardi salah satu warga juga menambahkan, tak hanya gelombang tinggi di laut, banjir akibat gelombang tinggi yang melanda Laut semare di Kabupaten Pasuruan juga menyulitkan nelayan untuk berangkat melaut. Kondisi itu di antaranya dialami oleh nelayan di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten pasuruan dimana tempat tinggal mereka terendam banjir selama beberapa hari terakhir.

“ Hujan adalah rahmat, semoga dibalik keterpurukan kita (para nelayan) diberikan rezeki 2x lipatnya oleh allah S.W.T “ Harap bapak Nadir.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial