Mengenal Situs Arkeologi Candi Brahu, Peninggalan Sejarah Kerajaan Majapahit yang Tertua

""

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Brahu_Temple_Trowulan.jpg

PortalArjuna.Net-Mojokerto, Di Jawa Timur banyak peninggalan bersejarah dari kerajaan terdahulu, khususnya kerajaan Majapahit, salah satunya Candi Brahu. Candi ini terletak di kawasan arkeologi Trowulan, tepatnya di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Bangunan candi ini terbuat dari batu bata merah, menghadap ke arah barat. Berdenah dasar persegi panjang 18×22,5 m dan tinggi yang tersisa sampai saat ini sekitar 20 m. Selain menjadi situs cagar budaya, candi ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Mojokerto. Tak lengkap rasanya jika ke Mojokerto tidak mengunjungi situs candi tua ini.

“Selain dijadikan tempat untuk belajar sejarah, candi ini juga bisa dijadikan tempat refreshing. Karena udaranya yang sejuk karena berada disekitar sesawahan disampingnya. Terdapat juga disekitar candi tempat duduk untuk sekedar ngobrol dan bersantai,”ujar Fitri salah satu pengunjung.

Candi Brahu diduga sebagai candi tertua di kawasan Trowulan. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya lempeng prasasti Alasanta, yang tak jauh dari tempat candi berada. Prasasti ini dikeluarkan oleh Mpu Sendok Pada 861 Saka 939 (abad ke-10 M). Dalam lempeng prasasti Alasanta tersebut nama Brahu berasal dari ‘Wanaru’ atau ‘Warahu’ yaitu nama bangunan suci yang ada dalam prasasti Alasanta.

Dilihat dari penemuan tersebut Candi Brahu adalah candi tertua diantara candi-candi yang ada di Trowulan.

(CS)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.