Menjelajahi Gapuro Lanang dan Gapuro Wadon, Situs Purba Peninggalan Raja Airlangga

""

PortalArjuna.net – Pasuruan, Gapuro Lanang dan Gapuro Wadon merupakan situs peninggalan Raja Airlangga dari abad ke 11. Berdasarkan catatan sejarah, Gapuro Lanang dan Gapuro Wadon merupakan bagian dari Candi Belahan Sumber Tetek yang dibangun oleh Raja Airlangga pada 1009 Masehi.

Gapuro Lanang dan Gapuro Wadon berbentuk persegi panjang dengan lubang pintu yang tembus dari kedua sisi. Dengan ukuran lebar 3 meter, panjang 3 meter, dan tinggi 4 meter.

Kedua Gapuro tersebut berada pada satu lokasi yang sama dengan jarak 100 meter antara Gapuro Lanang dan Gapuro Wadon. Dan sekitar 1 km jaraknya dari Candi Belahan Sumbertetek.

Namun, jalan menuju Gapuro Lanang dan Gapuro Wadon tidak bisa dilewati oleh kendaraan apapun. Sehingga jika anda ingin berkunjung anda harus jalan kaki dari jalan umum sekitar 15 menit.

Tak perlu risau karena pemandangan yang di tawarkan cukup indah, dengan hamparan sawah dan hutan yang berdampingan, tak hanya itu dalam satu lokasi yang sama terdapat reruntuhan bangunan Pendopo yang tak jauh dari Gapuro Wadon.

 

(LS)

 

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.