Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 Juli 2024

Ritual Mandi di Candi Belahan, Dipercaya Memberikan Awet Muda

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net – Pasuruan. Candi Belahan merupakan sebuah candi yang bebentuk kolam persegi dengan satu dinding yang memiliki dua patung Dewi Sri dan Dewi Laksmi. Candi Belahan memiliki sumber air yang keluar dari payudara patung Dewi Laksmi. Air inilah yang dipercaya masyarakat sekitar memiliki manfaat memberikan awet muda kepada pengunjung yang mandi dalam kolam sumber air Candi Belahan

“Sumber air ini dipercaya memiliki beberapa kemampuan diantaranya ya mampu untuk menjadikan awet muda. Tapi hal itu juga kembali kepada diri kita sendiri dan Tuhan Yang Maha Esa karena kita tidak tahu secara pasti apakah memang bisa awet muda apa tidak, tergantung pribadi masing-masing.” Jelas Pak Sutrisno sebagai tokoh masyarakat Desa Wonosunyo.

Candi Belahan atau Sumber Tetek terletak di Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Candi ini terletak jauh dari jalan raya sehingga hanya memiliki pengunjung yang benar-benar ingin merasakan khasiat dari sumber mata air ini.

Menurut pak Sutrisno pengunjung ramai berdatangan pada saat malam satu suro. Pada saat itu banyak pengunjung yang rela antri hanya untuk mengadakan ritual mandi di kolam Sumber Tetek.

“Biasanya ya rame kalo malam sau suro mba, para pengunjung pada antri untuk ritual mandi disini,” jelas pak Sutrisno.

LS

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial