Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Pemerintah Lombok Tengah Menyambut Festival Bau Nyale

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net – Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menggelar Festival Bau Nyale pada hari Jumat 18/2/22, di kantor Bupati Lombok Tengah.

Pada Festival Bau Nyale ini, Bupati menekankan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya pemerintah Lombok Tengah untuk terus ikhtiar mengedepankan budaya sasak, karena Festival Bau Nyale ini merupakan salah satu contoh bentuk jati diri Lombok Tengah yang harus dilestarikan.

“Festival ini sebagai bentuk membumikan legenda Putri Mandalika (Bau Nyale)”, ucap Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri saat membuka acara Festival Bau Nyale di halaman kantor bupati setempat.

Dalam kesempatan kali ini, Pemerintah Lombok Tengah mengemas Festival Bau Nyale sedikit berbeda dengan sebelumnya yaitu dengan meniadakan puncak Festival Bau Nyale yang seharusnya di isi oleh artis Ibu Kota dikarenakan pandemi Covid-19. Akan tetapi, hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan Festival Bau Nyale ini, karena puncak Festival tersebut diganti dengan mengadakan Fashion Karnaval yang diselenggarakan dibeberapa titik yang berpusat di Kantor Bupati Lombok Tengah untuk mengurangi kerumunan.

Festival Bau Nyale ini memberikan corak di Kawasan Ekonomi khususnya Mandalika dan juga di Sirkuit Mandalika, karena telah masuk dalam kalender pariwisata nasional. “Budaya ini bisa menjadi daya tarik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Lombok Tengah”, ucap salah satu warga setempat.

Dalam sejarah budaya sasak (kebudayaan masyarakat Lombok Tengah), Bau Nyale merupakan kisah Putri Mandalika yang mengajarkan semua orang untuk bisa berbuat adil, yang dikisahkan bahwa Putri Mandalika diperebutkan oleh anak para raja yang gagah perkasa, namun sang Putri Mandalika tidak bisa memilih salah satunya. Hingga akhirnya Putri Mandalika memutuskan untuk menceburkan dirinya ke laut agar dirinya dapat dimiliki oleh seluruh masyarakat yakni berupa nyale (cacing laut) yang keluar setiap tanggal 20 bulan 10 penanggalan sasak

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial